NTB Jadi Tuan Rumah PIRN 2022, Penelitian Difokuskan di Gili Tramena

Mataram (Suara NTB) – NTB melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA NTB) kembali ditunjuk menjadi tuan rumah salah satu event nasional, yaitu Pekan Pemuda Riset dan Inovasi Nasional (PIRN). PRIN sendiri merupakan agenda tahunan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang telah berjalan selama 20 Tahun,  bertujuan memberikan pemahaman mendasar kepada para peserta mengenai metodologi penelitian ilmiah, etika dalam riset, serta untuk memahami karakterisasi dalam penelitian.

Kepala BRIDA NTB, H. Wirawan, S.Si, MT mengatakan,BRIN berkolaborasi dengan BRIDA NTB sebagai mitra pelaksana kegiatan pekan ilmiah ini, mendesain kegiatan PIRN dengan menciptakan nuansa belajar sambil berkreasi dan berekreasi,  akan diikuti oleh 409 peserta jenjang SMP, MTs, SMA, SMK, MA sederajat, hingga mahasiswa dari beberapa provinsi di tanah air.

Diantaranya, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau, Jambi, NTB, Jakarta, DIY,  Bali, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah hingga Maluku dan Papua. PIRN XX NTB ini akan menjadi ajang kembalinya PIRN setelah dua tahun dilaksanakan secara virtual akibat dari Pandemi Covid-19.

Sejak audiensi kali pertama antara BRIN dan Pemprov NTB, PIRN XX NTB  telah mengantongi dukungan dari Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc, yang cukup menyambut baik kegiatan ini. Serta berharap pemilihan NTB khususnya 3 Gili sebagai lokus penelitian, dapat menjadi katalisator pemulihan ekonomi di 3 Gili dan NTB pada umumnya, yang terdampak pandemi secara signifikan.

H. Wirawan menambahkan, PIRN XX NTB, akan diadakan pada tanggal 10 Juli – 17 Juli 2022, dengan lokus penelitian di tiga gili di Kabupaten Lombok Utara, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air (Tramena). Kegiatan penelitian di tiga gili ini berlangsung selama dua hari, yakni 12 Juli – 13 Juli 2022.

Selain kegiatan riset, rangkaian kegiatan dalam PIRN XX NTB 2022  ialah inspirational talk, pembelajaran metodologi penelitian, pembelajaran teori dasar alat uji, hingga kegiatan praktikum. Selain itu juga, PIRN akan menggandeng The Conversation untuk memberikan coaching menulis artikel populer bagi para mahasiswa dengan output kegiatan berbentuk publikasi artikel dari para peserta.

“Enam hari menuju Opening Ceremony PIRN XX NTB 2022,  BRIDA NTB sebagai mitra pelaksana terus melakukan koordinasi intensif bersama dengan pihak-pihak terkait guna memastikan kegiatan kolaborasi BRIN dan Pemerintah Provinsi NTB dapat berjalan dengan baik, dan memberikan kesan baik kepada para peserta,” demikian H. Wirawan, Senin, 4 Juli 2022.(bul)

amman




Digital Interaktif.

Edisi 1 Januari 1970

Bang Zul Apresiasi Masjid Sederhana di Desa Wakan

0
Mataram (Suara NTB) – Menyapa langsung masyarakat Nusa Tenggara Barat mulai dari tokoh agama tokoh pemuda, bahkan masyarakat kecil sekalipun. Itulah cara Gubernur NTB,...

Latest Posts

Bang Zul Apresiasi Masjid Sederhana di Desa Wakan

Mataram (Suara NTB) – Menyapa langsung masyarakat Nusa Tenggara...

Lagu Sasak Masuk Kompilasi Video Musik Wonderland Indonesia 2

Mataram (Suara NTB) - Lagu Sasak “Lalo Ngaro” dari...

1.856 Rumah di Kota Bima Masih Kumuh

Kota Bima (Suara NTB) - Dinas Pekerjaan Umum dan...

Bupati Lobar Promosikan Wisata Olahraga Bersepeda di Senggigi

Giri Menang (Suara NTB) - Keindahan alam dan pantai...

Kasus Tanah Eks GTI, Menteri ATR/BPN akan Cek ke Gili Trawangan

Jakarta (Suara NTB) – Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan...