Dicairkan Awal Juli, Gaji Ke-13 ASN Kota Bima Capai Rp20 Miliar

0
M. Saleh Yasin. (Suara NTB/uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bima mulai memproses pencairan gaji ke-13 Aparatur Sipil Negara (ASN) ruang lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) setempat dengan total mencapai Rp20 miliar.

“Gaji ke-13 ASN di Kota Bima mulai dicairkan awal pekan ini, saat ini tengah berproses. Totalnya mencapai Rp20 miliar,” kata BPKAD Kota Bima, Drs. M. Saleh Yasin, Senin, 4 Juli 2022.

Lebih lanjut Saleh mengaku, kepastian pencairan atau pembayaran gaji ke-13 tersebut setelah pihaknya mendapat arahan, penyampaian aturan serta petunjuk pelaksana (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) dari pihak Kementrian Keuangan (Kemenkeu) belum lama ini. “Pasti dicairkan karena sudah turun aturan dari Kemenkeu,” katanya.

Menindaklanjuti aturan itu, Saleh mengatakan pihaknya juga telah menyurati semua pimpinan OPD, agar segera mengajukan ataupun mengusulkan proses pencairan gaji ke-13 bagi ASNnya masing-masing. “Sudah kami surati semua OPD. Kami menunggu berkas yang diusulkan untuk diproses lebih lanjut,” katanya.

Ia menegaskan, apabila semua berkas administrasi sebagai syarat pencairan gaji ke-13 dinyatakan rampung dan lengkap, dipastikan pembayarannya akan segera dilakukan. Proses pencairannya langsung masuk ke rekening ASN masing-masing. “Kalau berkasnya lengkap, gaji ke-13 bisa dicek langsung ke rekening masing-masing,” katanya.

Saleh berharap gaji ke-13 yang didapat ASN dapat dimanfaatkan atau dipergunakan dengan baik. Pemerintah memberikan gaji ke-13 memastikan agar kinerja ASN dalam bertugas terus meningkat. “Gaji ke-13 mejadi pendorong dan semangat bagi ASN untuk terus memotivasi kerja dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya. (uki)