WSBK Pasti, Nasib GT Challenge Belum Jelas

0
Pertamina Mandalika International Street Circuit. (Suara NTB/dok)

Praya (Suara NTB) – Sirkuit internasional Mandalika dijadwalkan bakal menggelar dua event internasional lagi di sisa tahun 2022 ini.  Yakni World Superbike (WSBK) pada bulan November serta Fanatec GT World Challenge Asia sebulan sebelumya. Namun dari dua event tersebut, baru event WSBK yang bisa dipastikan bakal digelar. Sementara untuk event Fanatec GT World Challenge Asia, masih belum ada kepastian sampai saat ini.

Hal itu dikarenakan antara penyelenggara Fanatec GT World Challenge Asia dengan Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) serta ITDC, masih belum menemukan kata sepakat untuk beberapa poin penting terkait gelaran event tersebut. Demikian diungkapkan Manager Motosport MGPA, Danny Pribadi, kepada Suara NTB, Sabtu, 2 Juli 2022.

“Kalau untuk gelaran Fanatec GT World Challenge Asia sejauh ini belum bisa kita pastikan. Yang sudah pasti, baru event WSBK,” ungkapya. Di mana rencananya Fanatec GT World Challenge Asia bakal digelar pada bulan Oktober tahun ini.

Namun sampai saat ini masih ada pembahasan lebih lanjut dengan pihak penyelenggara. Dan, belum ada kata sepakat. Sehingga belum bisa dipastikan apakah event balap mobil tersebut bisa diselenggarakan di sirkuit Mandalika tahun ini sesuai rencana atau tidak.

Ia pun mengaku jika melihat waktu persiapan yang sudah semakin mepet, agak berat rasanya event Fanatec GT World Challenge Asia event bisa terselenggara tahun ini. Artinya, kalaupun tetap diselenggarakan kemungkinan untuk seri tahun depan, tidak tahun ini.

Pasalnya, untuk menyelenggarakan event Fanatec GT World Challenge Asia ada beberapa penyesuaian yang dilakukan di sirkuit internasional Mandalika. Mengingat, sirkuit internasional Mandalika memang diperuntukan untuk balapan sepeda motor. Sementara kalau menyelenggarakan balap mobil, maka perlu ada penyesuaian-penyesuaian kembali.

Tapi pada prinsipnya, sirkuit internasional Mandalika siap untuk event balap otomotif apapun. Baik itu balap sepeda motor ataupun mobil. Terbukti, sirkuit Mandalika sebelumnya sukses mengelar event balap mobil Mandalika Track Day. Walaupun masih skala nasional, tapi paling tidak itu sudah menunjukkan kalau sirkuit Mandalika siap menggelar balap mobil.

“Niatan awal kenapa Fanatec GT World Challenge Asia digelar di sirkuit Mandalika, sebagai pembuktian kalau sirkuit Mandalika siap menggelar semua event otomotif. Tidak hanya bisa menggelar balap motor, tapi juga balap mobil,” terang Danny. (kir)