Sudah Mendunia, Kawasan Samota Perlu Dioptimalkan

0
Abdul Rafiq. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq menyebutkan kawasan Samota saat ini telah menjadi sebuah jemana yang mendunia. Sehingga produk dan jasa apapun yang menggunakan kata Samota akan mudah dijual termasuk bagi UMKM yang telah terlibat aktif dalam kegiatan event internasional balap sepeda motor cross. Untuk itulah keberadaan kawasan ini perlu dikembangkan dan dioptimalkan.

“Kami melihat Samota bisa menjadi trend center kegiatan pengungkit perekonomian masyarakat kita. Sebagaimana halnya di kota-kota besar memiliki kawasan-kawasan khusus yang dijadikan sentral pameran UMKM maupun produk-produk lokal mereka. Seperti di Jakarta kita kenal ada Jakarta convention Center, Malang juga ada kawasan wisata Batu dan agrowisatanya. Demikian pula di Yogyakarta dengan malioboronya,” terang Rafiq.

Ketua DPC PDIP Sumbawa ini merasa sudah saatnya kabupaten Sumbawa dengan Samotanya memiliki Samota convention Center atau  Pusat kegiatan pameran pembangunan perekonomian. Bila perlu mall besar ada di Samota. Kegiatan car free day yang digelar hari Minggu ini mesti diapresiasi sebagai kegiatan positif. Sebab bisa menjadi penyemangat bagi UMKM dalam berkembang. “Maju dan terus berinovasi dalam menghasilkan produk maupun jasa yang dibutuhkan,” saran Rafiq.

Intinya, lanjut Rafiq, Pembangunan di Kabupaten Sumbawa diharapkan dapat terus berkembang secara berkelanjutan termasuk dengan keberadaan kawasan Samota sebagai destinasi pariwisata yang kini menjadi andalan. Namun perlu melibatkan banyak pihak seperti kelompok masyarakat, akademisi, pelaku usaha kecil, menengah hingga makro, serta para pegiat media dan Pemerintah hadir sebagai fasilitator dengan demikian percepatan pembangunan daerah akan dapat terwujud. (arn)