Ratusan Warga Mendaftar Ikut ’’Mandalika Track Walk’’

0
ads top adsamman

Praya (Suara NTB) – Langkah Indonesia Tourism Development Corporatioan (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) membuka Pertamina Mandalika International Street Circuit untuk umum melalui event Mandalika Track Walk mendapat sambutan positif masyarakat umum. Total sudah ratusan orang yang mendaftar untuk ikut serta  dalam kegiatan tersebut, sejak event Mandalika Track Walk pertama kali dibuka Jumat, 1 Juli 2022.

“Respons dan animo masyarakat untuk ikut serta Mandalika Track Walk cukup besar. Di awal-awal dibuka sudah ratusan orang yang ikut mendaftar,” ungkap Manager Motosport MGPA, Danny Pribadi, kepada Suara NTB, Sabtu, 2 Juli 2022.

Mandalika Track Walk sendiri merupakan event di mana masyarakat umum bisa masuk ke lintasan sirkuit internasional Mandalika untuk berolahraga lari dan bersepeda. Maupun untuk sekadar jalan pagi. Dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 Wita sampai 09.00 Wita. Sementara khusus untuk weekend (hari Sabtu dan Minggu) ditambah sore hari mulai pukul 16.30 Wita hingga pukul 18.00 Wita.

Untuk bisa ikut event Mandalika Track Walk tersebut masyarakat bisa mendaftarkan diri secara online. Dengan biaya Rp 150 ribu perorang dan Rp 200 ribu per orang untuk akhir pekan. “Event ini memang diperuntukan bagi masyakarat umum. Untuk bisa merasakan sensasi berada di lintasan sirkuit Mandalika,” sebut Danny.

Ia mengaku, pihaknya banyak mendapat permintaan dari masyarakat yang penasaran dengan sirkuit Mandalika, agar sirkuit bisa diakses oleh masyarakat umum. Terlebih sirkuit Mandalika sendiri merupakan sirkuit baru yang belum banyak orang bisa mengaksesnya. Sehingga melalui event Mandalika Track Walk inilah masyarakat umum bisa mengaksesnya. Dengan begitu rasa penasaran masyarakat terjawab.

Event track walk sendiri akan terus digelar. Kecuali ada event yang digelar, maka sirkuit Mandaliak bakal ditutup kembali. Setelah event selesai, sirkuit akan dibuka kembali. “Hal semacam ini juga dilakukan disejumlah sirkuit di luar negeri. Dan, kenapa harus berbayar, itu untuk biaya perawat. Dengan nomial sudah dipertimbangkan oleh pihak manajemen. Dengan mempertimbangkan kemampuan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Lili Kencanriani, menyambut baik kebijakan pihak pengelola sirkuit yang membuka sirkuit Mandalika untuk masyarakat umum. Mengingat, hanya pihak tertentu saja yang dapat akses masuk ke area sirkuit. Tapi dengan event Mandalika Track Walk, siapapun bisa mendapat kases masuk ke area sirkuit yang tidak diperoleh sebelum-sebelumnya.

Hanya saja, pihak pengelola perlu juga menyiapkan semacam food court atau café yang menyediakan makanan maupun minuman. Karena habis berolahraga, pastinya masyarakat butuh makanan terutama lagi minuman. Mengingat, kalau mau mencari makanan atau minuman di luar area sirkuit lokasinya cukup jauh.

‘’Bagus juga kalau pengelola menyediakan penyewaan sepeda. Jadi selain olahraga lari maupun jalan santai, pengujung bisa juga bersepeda. Bagi yang mungkin tidak membawa sepeda,” saran Kabid KBP Kanwil DJPb NTB ini, seraya menambahkan, fasilitas berupa buggy juga perlu diperbanyak. Untuk antisipasi pengunjung yang kelelahan di tengah sirkuit saat olahraga lari maupun yang tidak kuat berjalan. (kir)