PPDB Jalur Zonasi Jadi Kesempatan Terakhir Masyarakat Daftar SMA Negeri

0
Suasana pendaftaran PPDB di SMAN 9 Mataram, Sabtu, 2 Juli 2022. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi akan dibuka pada Senin, 4 Juni 2022 sampai dengan Rabu, 6 Juli 2022. PPDB jalur zonasi merupakan kesempatan terakhir bagi masyarakat untuk mendaftar di SMA negeri pada tahun pelajaran 2022/2023.

Sebelumnya PPDB jenjang SMA Negeri diawali dengan PPDB jalur prestasi yang dibuka pada 20 sampai dengan 22 Juni 2022, dan diumumkan pada 25 Juni 2022. Selanjutnya PPDB jalur perpindahan orang tau dan jalur afirmasi yang dibuka pada 27 sampai dengan 29 Juli 2022,dan diumumkan pada 2 Juli 2022.

Kepala SMAN 9 Mataram, Nengah Istiqomah pada Minggu, 3 Juni 2022 mengatakan, pendaftaran PPDB jalur zonasi secara daring yang sistemnya dibuat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB. Daya tampung di SMAN 9 Mataram sebanya delapan rombongan belajar dengan jumlah siswa 254. PPDB jalur zonasi menjadi kesempatan terakhir bagi masyarakat untuk mendaftar di SMA, sekaligus jadi kesempatan terakhir sekolah jenjang SMA negeri memperoleh siswa baru dan memenuhi daya tampung yang tersedia.

“Posko PPDB kami melayani keluhan calon peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mendaftar. Kami optimis masyarakat bisa masuk di SMAN 9 Mataram. Pihaknya optimis memperoleh siswa baru sesuai daya tampung. Apalagi di usianya belum genap 5 tahun, SMAN 9 Mataram memberikan pelayanan prima menjamin hak anak dalam memdapatkan pendidikan dengan prestasi yang diperoleh.

“Ke depan SMAN 9 Mataram meyakini akan memberikan pelayanan maksimal dengan konsep satuan pendidikan menuju ramah anak dengan jargon sekolah Barisan (bersih aman ramah indah asri dan nyaman) dan SMAN 9 Mataram Cemerlang (Cerdas Merdeka Belajar dan Masa Depan Gemilang),” ujarnya.

Di samping itu, ada kurang lebih 40 anak lulusan SMAN 9 Mataram yang diterima di jalur SBMPTN dan 2 orang SNMPTN. Hasil rapor pendiidkan SMAN 9 Mataram untuk kemampuan  literasi peserta didik diatas rata-rata provinsi dan nasional. “Ini juga merupakan salah satu prestasi yang membanggakan,” ujar Istiqomah.

Di PPDB jalur prestasi, Istiqomah mengatakan, kuota SMAN 9 Mataram terpenuhi dengan siswa baru sebanyak 18 orang, sementara di jalur afirmasi siswa baru yang diterima sebanyak 31 orang.

Dihubungi terpisah, Kepala SMAN 2 Praya, Dian Iskandar Jaelani mengatakan, persiapan pihaknya untuk PPDB jalur zonasi sudah matang. Pihaknya tinggal melaksanakannya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Dinas DikbudNTB.

“Kondisi pendaftaran untuk jalur prestasi dan afirmasi berjalan lancar. Untuk tahun ini sekolah kami mendapatkan calon siswa baru jalur prestasi sebanyak 12 orang dengan rincian 10 orang prestasi akademik dan dua orang tahfiz. Sedangkan untuk Afirmasi sebanyak 64 orang, sesuai kuota yang diberikan. Semoga pelaksanaannya jalur zonasi lancar dan kuota bisa terpenuhi,  InsyaAllah,” harapnya.

Salah satu yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya yaitu mengenai pengukuran jarak di PPDB jalur zonasi. Jarak antara calon siswa dan sekolah akan menggunakan aplikasi peta digital

Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., mengatakan, untuk PPDB SMA, jalur zonasi menggunakan jarak udara dengan aplikasi Google earth atau Google map. “Di samping itu Status keluarga dalam Kartu Keluarga ada urutan prioritasnya,” ujarnya.

Aidy menjelaskan,  urutan prioritas di kartu keluarga yaitu anak kandung, cucu, dan keluarga lain. Kebijakan ini untuk menyeleksi siswa baru sesuai jalur zonasi. (ron)