Pilpres 2024, Keputusan Rakerda 10 DPD PAN Se-NTB Unggulkan Erick Thohir

0
Ketua DPW PAN NTB, H. Muazzim Akbar menerima rekomendasi Rakerda DPD PAN-se NTB terkait usulan dukungan Capres/Cawapres 2024. Nama Erick Thohir jadi unggulan.(Suara NTB/ndi)

Mataram (Suara NTB) – Nama Menteri BUMN, Erick Thohir menempati peringkat pertama dalam penjaringan kandidat bakal Capres/Cawapres 2024 yang dilakukan oleh partai Amanat Nasional (PAN) di Provinsi NTB. Hasil dari Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 10 DPD PAN Kabupaten/Kota se-NTB, kompak merekomendasikan dukungankepada Erik Tohir.

Ketua DPW PAN NTB, H. Muazzim Akbar yang dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya telah menerima keputusan rekomendasi dari hasil Rakerda DPD PAN se-NTB terkait dengan usulan dukungan Capres/Cawapres 2024. Salah satu nama yang menonjol direkomendasikan adalah Erick Thohir.

“Kami DPW PAN NTB sudah melakukan road show menghadiri Rakerda seluruh DPD PAN se-NTB. Ada beberapa keputusan yang dilahirkan dalam Rakerda tersebut. Salah satunya rekomendasi dukungan untuk Capres dan Cawapres 2024,” ucap Muazzim yang dikonfirmasi pada Minggu, 3 Juli 2022.

Muazzim juga mengaku cukup terkejut dengan rekomendasi dukungan Capres/Cawapres dari 10 DPD PAN tersebut yang menempatkan posisi Erick Thohir pada urutan pertama dan bersaing dengan nama Ketua Umum DPP PAN, Zulkiefli Hasan.

“Terkait rekomendasi Capres/Cawapres dari 10 DPD, paling besar aspirasinya mengusulkan nama Erick Thohir yang pertama. Kedua Ketum Zulkifli Hasan, dan ada juga nama yang lain seperti Anies Baswedan, TGB, Ganjar Pranowo, dan Gatot Nurmayanto,” ungkapnya.

Ketika ditanya lebih jauh alasan 10 DPD PAN se-NTB yang mengunggulkan nama Erick Thohir yang direkomendasikan sebagai Capres/Cawapres 2024. Muazzim mengaku bahwa pihaknya juga tidak mengetahui lebih jauh terkait pertimbangan DPD PAN yang menempatkan Erick Thohir sebagai kandidat unggulan Capres/Cawapres PAN.

“Kita tidak tahu apa pertimbangannya di DPD. Yang jelas bahwa ini aspirasi dari arus bawah yang nantinya akan kita lanjutkan ke Rakerda DPW untuk kita putuskan minimal 3 nama untuk kirim dalam Rakernas DPP PAN yang akan dilaksanakan Agustus nanti,” jelas Muazzim.

Namun demikian, masuknya nama Erick Thohir sebagai unggulan kandidat Capres/Cawapres dari 10 DPD PAN se-NTB itu dinilai Muazzim cukup wajar juga. Pasalnya Erick Thohir sendiri statusnya sudah resmi bergabung sebagai kader partai berlambang matahari terbit itu. “Pak Erick Thohir sudah resmi jadi kader PAN,” katanya.

Ketika disinggung terkait dengan posisi PAN yang sudah tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama partai Golkar dan PPP. Muazzim tidak menampik hal itu, tapi menurutnya PAN tetap melakukan penjaringan secara internal terkait dengan usulan Capres/Cawapres yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang.

Sebab koalisi tiga partai tersebut juga sampai saat ini belum memutuskan siapa kandidat bakal Capres/Cawapres yang akan diusung. Ketiga parpol nanti akan mengusulkan nama kandidat masing-masing untuk diputuskan bersama sebagai Capres/Cawapres 2024. (ndi)