Mahasiswa KKN Unram Gandeng NTB Mall dalam Kegiatan Sosialisasi Pemasaran Digital

0

Mataram (Suara NTB) – Mahasiswa KKN Tematik (KKN-T) Universitas Mataram (Unram) mengadakan kegiatan sosialisasi pemasaran digital atau digital marketing guna mendorong percepatan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Mertak Tombok, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah.

Kegiatan ini mengusung tema Peningkatan Kapasitas UMKM dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Pemasaran E-Commerce Dan Media Sosial Di Desa Mertak Tombok Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Pemateri Devi Yinitami Rahman dari NTB Mall.

Kegiatan ini dilaksanakan Kamis, 30 Juni 2022 di aula kantor desa Mertak Tombok. Dihadiri oleh Sekretaris Desa, M. Parwadi S.Pd., Tim KKN Universitas Mataram Desa Mertak Tombok, serta beberapa UMKM yang ada di Desa Mertak Tombok.

Ketua Kelompok KKN Tematik Unram di Desa Mertak Tombok, Jumaidi Rahman mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu program utama yang direncanakan oleh mahasiswa KKN di Desa Mertak Tombok sebagai wujud kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan utama para pelaku UMKM di desa ini, yaitu terkait pemasaran.

Sekretaris Desa Mertak Tombok, M. Parwadi S.Pd., mengapresiasi kegiatan yang digagas mahasiswa KKN ini. Mengingat, Desa Mertak Tombok memiiki banyak sekali UMKM. Kendati tinggal di desa, Parwadi menegaskan, ke depan UMKM Desa Mertak Tombok harus mampu bersaing dengan orang-orang di kota.

“Masyarakat desa pun tidak boleh ketinggalan dalam hal pemanfaatan teknologi digital, terutama media sosial. Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap masyarakat Desa Mertak Tombok khususnya UMKM memiliki wawasan lebih dalam pemasaran digital sehingga dapat berimplikasi meningkatkan ekonomi,” harapnya.

Pemateri Devi Yunitami Rahman menyampaikan materi dengan diawali tentang pengenalan NTB Mall. Lalu dilanjutkan dengan materi tentang digital marketing. Di dalam materinya pemateri menyampaikan pentingnya digital marketing dan tips sukses mengaplikasikan digital marketing ke dalam usaha para peserta sosialisasi. (ron)