Luruskan Kontroversi di Medsos

0
H. M. Zaidi Abdad (Suara NTB/dok)

PEMERINTAH sudah menetapkan pelaksanaan Salat Hari Raya Idul Adha, pada hari Ahadtanggal 10 Juli 2022. Namun, ada juga organisasi kemasyarakatan yang melaksanakan Salat Hari Raya Idul Adha pada hari Sabtu, 9 Juli 2022. Perbedaan pelaksanaan Salat Hari Raya Idul Adha ini telah menimbulkan kontroversi di media sosial (medsos), terutama mengenai pelaksanaan puasa Arafah.

‘’Memang ada beberapa penjelasan di medsos ada yang kontroversi. Terutama masalah puasa Arafah.  Saya pikir tidak usah memberikan dua solusi pada umat bahwa puasa Arafah bisa Jumat atau Sabtu, karena Arafah itu sangat terkait dengan tanggal 9 Dzulhijjah,’’ ungkap Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) NTB Dr. H. M. Zaidi Abdad, M.Ag., pada Suara NTB, Minggu, 5 Juli 2022.

Menurutnya, jika  di Indonesia sudah ditetapkan pemerintah bahwa tanggal 1 Dzulhijjah adalah jatuh pada tanggal 1 Juli, maka tanggal 9 Dzulhijjah jatuh pada hari Sabtu bukan hari Jumat lagi, meski tidak sama dengan wukuf di Arafah tidak masalah, karena beda matlak.  Untuk itu, pihaknya mempersilakan umat Islam di NTB yang ingin berpuasa Arafah hari Sabtu atau Jumat tidak dipersoalkan.

‘’Karena itu bagi umat Islam Indonesia yang ingin berpuasa Arafah ya hari Sabtu itu, namun apabila mereka mau puasa hari Jumat pun boleh karena itu hari Tarwiyah yang keduanya sangat dianjurkan oleh Nabi,’’ ujarnya.

Pihaknya juga mempersilakan umat Muslim bisa berpuasa mulai tanggal 1 Dzulhijjah sampai dengan 9 Dzulhijjah. Sementara tanggal 10 sampai dengan tanggal 13 Dzulhijjah haram berpuasa, karena itu hari raya dan hari tasyrik. ‘’Dan kalau mampu bisa dilanjutkan tanggal 14 dan 15 karena di situ ada Yaumul Bid. Saya pikir begitu,’’ terangnya.

Sementara terkait dengan pemotongan hewan kurban, Kakanwil mengingatkan masyarakat untuk hati-hati memilih dan membeli hewan kurban. Apalagi,  saat ini wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sedang mewabah di Pulau Lombok.

‘’Kalau membeli hewan kurban. Pertama harus sehat, kedua konsultasi ke dokter hewan, ketiga sebaiknya untuk keamanan diutamakan kurban kambing saja untuk tahun ini,’’ sarannya. (ham)