Investasi Besar yang Belum Hasilkan Apapun

0
Fauzan (Ekbis NTB/rus)

JARINGAN internet, Lotim.net sampai sekarang belum memberikan hasil apapun. Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Lombok Timur (Lotim) saat ini tengah melakukan evaluasi terhadap keberadaan infrastruktur pendukung dari program yang menelan dana Rp 4,3 miliar tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, Dr. Fauzan kepada Ekbis NTB, akhir pekan kemarin mengatakan ada sejumlah keluhan juga dari masyarakat terkait pemasangan kurang rapi. Setelah evaluasi, akan buatkan regulasi lebih lanjut.

Diakuinya, investasi untuk Lotim.net ini cukup besar.  Disebut, ada 26 tower yang dipasang. Dari  jumlah itu dua tower dikabarkan sudah rusak. Terhadap yang masih terpasang ini pun masih sedang dicek apakah masih bisa dipakai atau tidak.

Selama ini, kata Dr. Fauzan hanya infrastrukturnya saja yang terpasang sedangkan bandwidth-nya tidak terisi. Diibaratkan pipa perusahaan daerah air minum yang terpasang, tapi tidak ada airnya.

Begitupun yang terpasang di 254 desa dan kelurahan se Kabupaten Lotim. Semuanya tidak ada yang berfungsi. Tingkat kelayakannya sedang dilihat. Menurut staf yang melakukan montoring dan evaluasi, banyak yang juga sudah rusak.

Menurutnya, harus ada telaahan staf yang betul-betul terkait dengan lotim.net ini. Diskominfo Lotim sedang  mencoba mencari pola yang tepat. Bisnis menggunakan infrastruktur pemerintah ini katanya tidak boleh. Apakah ke depan sistemnya diubah melalui mekanisme sewa agar tidak langgar aturan atau seperti apa masih sedang ditelaah.

Dulu diakui incarannya adalah pendapatan asli daerah. Ke depan kemungkinan akan coba diperbaiki sistemnya. Bisa saja dari sistem sewa itu menjadi sumber pendapatan bagi daerah. Pihak ketiga yang bekerjasama dengan badan Usaha milik desa misalnya yang bisa digandeng. Dari situ kemudian bisa diperoleh hasilnya. “Kalau dengan masyarakat langsung kan tidak boleh,” sebutnya. (rus)