Hidupkan Kota Gerung, Seniman Minta Pertunjukan Seni Budaya Digelar Rutin di Taman Kota

0

PERTUNJUKAN berbagai kegiatan seperti atraksi seni budaya diharapkan digelar secara rutin di Taman Kota, Giri Menang, Gerung, Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Hal ini selain menyediakan wadah bagi seniman mengekspresikan dirinya, juga untuk meramaikan ibu kota Gerung.

Seperti pertujukan yang diadakan di Taman Giri Menang Gerung Lombok Barat (Lobar) Jumat, 1 Juli 2022 lalu. Penampilan dari sejumlah seniman wayang dan pepadu cilik yang menggelar atraksi di sisi utara Taman Kota menjadi pusat perhatian warga.

Sejumlah seniman wayang dan pepadu cilik menggelar atraksi di Taman Kota Giri Menang Gerung.(Ekbis NTB/her)

Pagelaran seni Sasak hasil kolaborasi Dinas Pariwisata Lobar dengan Sanggar Budaya Lombok di bawah binaan seniman Desa Sesela Gunungsari, yakni Suhaemi atau Ki Dalang Emi ini bisa dikatakan sebagai kegiatan spontan.

Pagelaran ini sengaja dilaksanakan secara tiba-tiba untuk melihat respons masyarakat. Suhaemi mengatakan, penampilan anak asuhnya di Taman Kota Gerung ini merupakan bentuk upaya membangkitkan kembali antusias masyarakat terhadap seni dan budaya di Lombok. “Setelah beberapa tahun pandemi ini, kita mau lihat antusias masyarakat dan pepadu ini seperti apa. Ternyata Taman Kota ini masih bisa menjanjikan bagi seniman untuk mengembangkan bakat seninya di sini,” ungkapnya.

Ia tidak menyangka, pentas yang hanya direncanakan dalam waktu sangat singkat ini mampu menyedot banyak perhatian masyarakat.”Kami kepinginnya bisa tampil secara reguler. Tadi walaupun tidak pernah kita siarkan ternyata pengunjungnya ramai sekali,”  akunya senang.

Emi kemudian berharap event ini bisa menjadi momen untuk mengembangkan dan mengangkat kesenian dan kebudayaan di Lobar.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Lobar Hj. Marlina mengapresiasi semangat para seniman khususnya para seniman muda yang tampil. Ia juga mengaku senang dengan antusias masyarakat yang hadir sore tadi.”Yang sekarang kita tampilkan ini adalah perkenalan Peresean Pepadu Cilik dan atraksi Wayang Botol. Alhamdulillah ternyata antusiasme masyarakat sangat luar biasa,” ucap Marlina. (her)