Wapres Serahkan Rp445 Miliar Bansos untuk Masyarakat NTB

0
Wapres KH. Ma'ruf Amin saat menyerahkan bansos untuk NTB melalui Gubernur NTB, H.Zulkieflimansyah, kemarin. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) –  Wakil Presiden (Wapres) RI K.H Ma’ruf Amin menyerahkan bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat NTB yang tercatat sebagai penerima manfaat. Penyerahan Bansos dilaksanakan secara simbolis kepada penerima manfaat di Kantor Dinas Sosial Provinsi NTB, Jumat, 1 Juli 2022 .

Bantuan yang diserahkan diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan rehabilitasi sosial dan santunan BPJS Ketenagakerjaan. Bantuan PKH diserahkan sebesar Rp217,9 miliar, bantuan sembako sebesar Rp95,1 miliar, dan BLT minyak goreng sebesar Rp142 miliar.

Adapun bantuan asistensi rehabilitasi sosial atau program Atensi tahun 2022 sebesar Rp1,1 miliar yang diterima secara simbolis oleh Supriyani, seorang penyandang disabilitas. Ia menerima program Atensi berupa motor roda tiga dan modal usaha dengan total Rp 30 juta.

Sementara, santunan dari BPJS Ketenagakerjaan berupa program manfaat beasiswa kepada 343 anak, santunan program jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan pensiun, jaminan kehilangan pekerjaan kepada 10 ahli waris yang diberikan secara simbolis.

Adapun santunan pembayaran klaim seluruh program BP Jamsostek Provinsi NTB periode Juni 2021 sampai dengan Juni 2022 sebanyak 35.892 klaim yang diberikan secara simbolis kepada Gubernur NTB sebesar Rp 444,3 miliar.

Wapres dalam kesempatan itu mengatakan, bantuan ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat yang memang tak mampu, serta untuk pemberdayaan masyarakat agar nantinya mereka bisa mandiri.

‘’Mudah-mudahan apa yang diberikan oleh pemerintah ini, memberikan manfaat pada ibu-ibu dan adik-adik, untuk keluarga dan anak-anaknya, termasuk untuk beasiswa yang dari SD sampai perguruan tinggi. Ini memang kewajiban pemerintah sesuai dengan kemampuan yang ada,’’ harap Wapres.(ris)