Perumda Bintang Bano Suplai Air Proyek Konstruksi Smelter

0
Bambang. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Bintang Bano turut ambil bagian dalam proyek konstruksi smelter milik PT Amman Mineral Industri (AMIN). Perusahaan plat merah milik Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ini mendapat tugas menyuplai air bersih untuk kebutuhan selama masa konstruksi smelter berlangsung.

‘’Benar. Sesuai bisnis yang kami geluti, kami tugasnya menyuplai air bersih ke lokasi proyek,” terang Direktur Perumda Bintang Bano, Bambang, Jumat, 1 Juli 2022.

Dia menjelaskan, kegiatan penyediaan air bersih  ke proyek smelter itu sudah berlangsung selama 3 bulan sejak April lalu. Dalam hal ini, Perumda Bintang Bano menjalin kontrak dengan PT Pengembangan Industri Logam (PIL) selaku perusahaan penanggung jawab proyek smelter. ‘’Sistem kontraknya setiap bulan dan akan berjalan selama kegiatan pembangunan,’’ urainya.

Dalam 3 bulan pertama ini, Perumda KSB telah menyuplai ratusan tangki air. Bambang menuturkan, selama masa pembangunan kamp pekerja smelter, rata-rata pihaknya menyuplai 2 truk tangki kapasitas 4.000 liter setiap harinya. “Sementara ini kan pekerja di lokasi proyek masih hitungan ratusan orang,” sebutnya.

Berdasarkan gambaran pihak PT PIL, kebutuhan air bersihnya akan terus mengalami peningkatan seiring dimulainya kegiatan konstruksi nantinya. Melihat jumlah harian yang disuplai saat ini, Bambang memperkirakan, pada masa konstruksi smelter, PT PIL bakal membutuhkan suplai air hingga puluhan hingga ratusan kubik dalam sehari.

Meningkatnya kebutuhan suplai air untuk kegiatan konstruksi smelter itu, selanjutnya Bambang, pihaknya kini  tengah mengkomunikasikannya dengan PT PIL. Dalam rangka kelancaran suplai dalam jangka panjang, Perumda Bintang Bano meminta PT PIL untuk menyiapkan jaringan distribusi hingga ke lokasi smelter. Hal ini agar proses suplai semakin lancar dan hemat biaya. ‘’Kami sudah sampaikan ke manajemen PT PIL soal harapan itu dan mereka menanggapinya dengan baik,’’ pungkasnya. (bug)