Kaji Dampak Ekonomi MXGP

0
H.Zulkieflimansyah (Suara NTB/ist)

BADAN Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB sebagai lembaga pengolahan data melakukan kajian terkait seberapa besar dampak ekonomi pada kegiatan MXGP Samota 2022. Sebanyak 29 orang surveyor bekerja dengan jumlah responden yang terealisasi 581 responden.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah berharap agar data yang dikelola BPS segera terkumpul, sehingga hasilnya dapat memberikan motivasi semangat kepada daerah – daerah lain untuk menyelenggarakan event internasional.

‘’Studi kita ini, betul – betul menciptakan pelecut semangat kepada semua daerah,’’ ujar Gubernur NTB saat berkunjung ke Kantor BPS Provinsi NTB, Kamis, 30 Juni 2022.

Senada dengan Gubernur NTB, Komandan Lapangan MXGP Indonesia, Ir.H.Ridwan Syah, MTP mengatakan bahwa data – data yang dikelola BPS dapat memberikan motivasi bagi pemerintah daerah lain. ‘’Dengan adanya angka angka ini, kami yakini dapat memberikan motivasi bagi pemerintah daerah lain. Karena setiap daerah memiliki destinasi yang bisa layak untuk dibuatkan event – event internasional,’’ katanya.

Selain itu, Ridwan Syah mengucapkan terima kasih kepada BPS NTB karena dengan adanya data – data yang diolah dapat mengukur dampak perekonomian daerah. ‘’Kami sangat berterima kasih kepada BPS. Karena dengan adanya data ini kita bisa mengukur, masa pandemi ternyata event – event seperti ini mampu mengungkit ekonomi di daerah,’’ ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPS NTB, Drs. Wahyudin, MM menjelaskan bahwa kajian ini dilakukan dengan sinergitas seluruh stakeholder, sehingga survey di lapangan dapat berjalan lancar.

‘’Alhamdulillah, selama penyelenggaraan kemarin, teman – teman dari BPS Provinsi NTB, BPS Sumbawa dan ditambah surveyor sebanyak  20 surveyor yang direkrut oleh Pemda Sumbawa, sehingga terkumpul sebanyak 581 responden dari target kami 560 jadi melampaui target,’’ pungkasnya. (r)