Pengelola Hotel Diminta Laporkan Tamu Warga Negara Asing

0
Tim Opgab melakukan pengecekan keberadaan orang asing dan warga negara asing di salahsatu hotel di Kota Bima, Rabu, 29 Juni 2022.(Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Jajaran Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima meminta manajemen dan pengelola hotel yang berada di wilayah di Kota Bima untuk melaporkan tamu dari warga negara asing.

Hal itu disampaikan Kasubsi TI Inteldakim, Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima Lalu Rijal Pebriyadi, di sela-sela Operasi Gabungan (Opgab) Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di beberapa hotel di Kota Bima, Rabu, 29 Juni 2022.

“Kepada pemilik hotel dan penginapan untuk selalu melaporkan keberadaan orang asing yang menginap kepada contact center Kantor Imigrasi Bima,” katanya.

Ia mengaku, Opgab untuk mendeteksi keberadaan warga asing itu melibatkan berbagai unsur, seperti Bakesbangpol Kota Bima, TNI/Polri, Pemerintah Kecamatan hingga Kelurahan. “Ada juga Perwakilan Korem 163 Wira Bhakti, Pangkalan TNI AL Bima dan instansi lainnya,” ujarnya.

Berdasarkan hasil Opgab dengan menyasar beberapa hotel di Kota Bima lanjut dia, tidak ditemukan keberadaan orang asing yang menginap. Meski begitu pihak hotel tetap diberikan imbauan agar membantu pihak Imigrasi dalam mendeteksi keberanaan orang asing. “Dari Opgab yang menyasar beberapa hotel seperti, Marina Inn, Lila Graha, dan Lambitu tidak ditemukan orang asing atau warga negara asing yang menginap,” pungkasnya. (uki)