Mulai Besok, Sirkuit Mandalika Dibuka untuk Umum

0
Seorang pesepeda melintas di Sirkuit Mandalika. Terhitung 1 Juli besok, Sirkuit Mandalika akan dibuka untuk masyarakat umum. (Suara NTB/kir)
ads top adsamman

Praya (Suara NTB) – Terhitung mulai Jumat, 1 Juli 2022, sirkuit internasional Mandalika bakal dibuka untuk umum, melalui proram Mandalika Track Walk. Di mana nantinya masyarakat bisa menikmati sensasi berolahraga disepanjang track lintasan balap serta area sirkuit lainnya. Khususnya untuk kegiatan olahraga lari serta bersepeda. Dibuka setiap hari mulai Senin hingga Minggu.

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo dalam keterangnya, Rabu, 29 Juni 2022, mengatakan, Mandalika Track Walk tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat secara luas untuk dapat memiliki experience (pengalaman) mengunjungi sirkuit internasional Mandalika. Sehingga masyarakat dapat menikmati atmosfir saat berada di sirkuit sekaligus meningkatkan rasa memiliki atas sirkuit tersebut.

Hanya saja kegiatan diarea sirkuit tetap dibatasi waktunya. Tidak sepanjang waktu, mulai pukul 06.00 Wita sampai 09.00 Wita. Sementara khusus untuk akhir pecan, hari Sabtu dan Minggu, ada penambahan waktu pada sore harinya yakni di 16.30 – 18.00 Wita. Dengan setiap sesi kunjungannya dibatasi hanya 100 orang saja.

“Dalam hal ini ITDC menyediakan tiket harian untuk mengikuti Mandalika Track Walk tersebut, seharga Rp 150 ribu per orang untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Rp 250 ribu per orang bagi Warga Negara Asing (WNA) untuk Senin-Jumat. Sementara pada hari Sabtu dan Minggu, tiket harianya sebesar Rp 200 ribu per orang untuk WNI dan Rp 300 ribu per orang bagi WNA,” sebut Arie.

Tiketnya sendiri bisa hanya tersedia secara online. ITDC tidak menyediakan tiket off line. Supaya administrasi penjualan tiket lebih rapid dan transparan. “Kami tidak menyediakan penjualan tiket secara offline atau pembelian tiket on-the-spot. Sehingga bagi yang berminat untuk masuk ke dalam Sirkuit dan melangsungkan kegiatan ini agar dapat mengikuti prosedur Mandalika Track Walk yang kami tetapkan,” tambahnya.

Tidak kalah penting, masyarakat diwajibkan untuk mengikuti dan mematuhi semua aturan yang berlaku ketika berkegiatan diarea sirkuit. Khususnya di jalur lintasan balap sirkuit internasional Mandalika. Terutama soal sampah, pengujung tidak diperkenankan membuang sampah sembarang. Apalagi di area lintasan sirkuit.

“Mengingat Sirkuit Mandalika telah menjadi salah satu aset negara dan masuk sebagai objek vital nasional, kami berupaya untuk menjaga area ini sebaik-baiknya. Utamanya terkait faktor ketertiban dan keamanan,” imbuhnya.

Pihaknya sudah menyusun Standard Operating Procedure (SOP) beraktivitas di Pertamina Mandalika Circuit. Untuk dijalankan dan dipatuhii oleh pengujung. Baik itu pengujung umum maupun pengunjung dari lembaga atau pun dari instansi pemerintah maupun swasta. Karena sebagai asset Negara, sirkuit internasional Mandalika harus dijaga secara bersama-sama. (kir)