Mataram Satu Data, Pembangunan Merata dan Tepat Sasaran

0
Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, H. Lalu Fatwir Uzali menandatangani komitmen bersama menuju Mataram Satu Data, Rabu, 29 Juni 2022. Sinkronisasi data diharapkan dapat bermanfaat bagi pembangunan di Kota Mataram. (Suara NTB/cem)
ads top adsamman

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram menandatangani komitmen bersama menuju “Mataram Satu Data”. Dengan satu data ini diharapkan pembangunan bisa lebih merata, menyeluruh, dan tetap sasaran serta menjadi informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Asisten III Setda Kota Mataram, Dra. Hj. Baiq Evi Ganevia mengapresiasi inisiasi Mataram Satu Data. Data dinilai memiliki peranan penting untuk mencapai visi mewujudkan pembangunan yang harmoni, aman, ramah, unggul, dan mandiri. Dengan data ini lanjutnya, pembangunan diharapkan bisa merata dan tepat sasaran. “Diharapkan bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Evi dalam sambutannya, Rabu, 29 Juni 2022.

Mataram Satu Data merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Regulasi itu kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Walikota Mataram Nomor 26 Tahun 2020 tentang Satu Data Terpadu Daerah.

Program ini diharapkan akan terbangun komitmen bersama baik instansi di Lingkup Pemkot Mataram maupun instansi vertikal lainnya. “Kami mengharapkan peran aktif dari Bappeda selaku pelaksana kesekretariatan dan BPS sebagai pembina Mataram Satu Data,” ungkapnya.

Untuk mensukseskan program tersebut, perlu bersama-sama menyatukan pemikiran agar data yang tersusun dan tertampilkan akurat dan bermanfaat bagi masyarakat,terutama memberi manfaat bagi pembangunan dan kepentingan masyarakat. (cem)