Ketua DPRD Dukung Lomba Lukis Haul Bung Karno di Pameran Tunggal Galam

0
Ketua DPRD Sumbawa bersama Ketua Sumbawa Visual Art didepan lukisan tokoh bangsa karya Galam Zulkifli. (Suara NTB/ist)
ads top adsamman

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq S.H, mendukung dan mengapresiasi lomba melukis atau menggambar wajah Bung Karno. Dalam rangka Haul Bung Karno Proklamator Kemerdekaan RI yang jatuh di bulan Juni. Sebagai bagian dari agenda Pameran Tunggal Galam Zulkifli (Pelukis Indonesia asal Sumbawa).

“Kami sangat bangga dengan karya seni rupa Bung Galam Zulkifli. Dengan topik Indonesian Idea yang ditampilkan pada pameran tunggal ini memiliki makna sejarah yang sangat tinggi. Ratusan tokoh Bangsa dari pra kemerdekaan hingga pasca kemerdekaan yang ada dalam kanvas lukisan mengingatkan kita pada sejarah berdirinya bangsa ini.  Dengan teknik menggambar yang unik sangat berkelas dan merupakan aliran seni rupa yang sangat langka,”kata Rafiq yang sempat mengunjungi pameran tunggal dimaksud.

Rafiq mengungkapkan kekagumannya terhadap karya Galam. Bahkan ada lukisan yang bisa berubah menjadi gambar lain ketika ada dan tidak ada cahaya serta dengan sinar ultraviolet. Sebagai sebuah visual yang sangat menarik.

Terkait dengan lomba Lukis atau menggambar Bung Karno, Rafiq juga memberikan dukungannya. Bahkan siap menyumbang hadiah dan tropi juara. “Harapannya dari kegiatan lomba lukis ini ada talenta baru yang terjaring dan dibina secara berkelanjutan bahkan bisa  langsung oleh Bung Galam Zulkifli,” harap Rafiq yang juga Ketua DPC PDI P Sumbawa ini.

Sementara itu, Ketua Sumbawa Visual Art, Halen Muchlis sebagai pelaksana lomba lukis, menjelaskan kegiatan ini untuk mencari bibit baru pegiat seni rupa. Sekaligus memperkenalkan anak-anak membaca sejarah Indonesia. Peserta lomba menggambar di atas kertas dengan topik utama Bung Karno bisa berupa gambar bentuk, sketsa kartun hitam putih. Dan waktu pelaksanaannya dari 27 Juni hingga 29 Juni 2022 di  Istana Sultan Muhammad Kaharuddin III. “Terima kasih kepada Ketua DPRD Sumbawa yang telah mendukung terselenggaranya acara tersebut dan para seniman dan masyarakat Sumbawa yang sudah ikut berpartisipasi,” tukasnya. (arn)