Menparekraf Sanjung PLN Karena Sukses Menyiapkan Kelistrikan untuk MXGP Samota

0
ads top adsamman

Sumbawa (Suara NTB) –  Ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MXGP of Indonesia Samota Sumbawa 2022 telah selesai pada hari Minggu, 26 Juni 2022. Tim Gajser, pembalap dari Honda Racing Corporation, keluar sebagai juara dalam gelaran tersebut.

Ditemui pada saat pembukaan gelaran akbar tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno memberikan apresiasinya kepada PLN atas penyediaan suplai kelistrikan selama MXGP berlangsung.
“Listriknya sangat terdukung dengan baik. Sukses untuk PLN ke depannya dan BUMN untuk Indonesia”, kata Sandiaga.

Tak hanya memberikan apresiasi dan harapan untuk PLN, Sandiaga juga berpesan kepada seluruh petugas PLN yang siaga selama pelaksanaan event agar tetap semangat dalam menjalankan tugasnya.
“Pastikan PLN jadi garda terdepan untuk Energi Baru Terbarukan, energi baik untuk pariwisata yang berkelanjutan”, tegas Sandiaga.

Untuk perhelatan MXGP ini sendiri, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah masing masing sepanjang 0,5 km, 1 km Jaringan Tegangan Rendah dan beberapa peralatan untuk melayani pelanggan dari tegangan 20 KV.

Selain itu, juga disiapkan sistem back up apabila terjadi gangguan di sisi pembangkit, yakni enam unit Uninterruptible Power Supply (UPS) kapasitas total 760 kVA, delapan Unit Gardu Bergerak (UGB) kapasitas total 1700 kVA dan lima buah genset kapasitas 1600 kVA yang didatangkan dari Taliwang dan Mataram.

Dari sisi kesiapan personil, PLN telah menyiapkan 327 personil yang saat ini telah siap di Sumbawa yang akan siaga di 10 lokasi tersebar.
General Manager PLN NTB, Sudjarwo menegaskan PLN berkomitmen penuh untuk memberikan pelayanan yang andal untuk setiap event, baik event nasional maupun internasional yang akan digelar di Nusa Tenggara Barat.

“Alhamdulillah gelaran MXGP berjalan lancar, mulai awal lomba hingga final. PLN dapat melayani kebutuhan listriknya dengan aman dan andal”, tutur Djarwo.
Selain mempersiapkan infrastruktur kelistrikan untuk suplai daya sebesar 1.38 MVA, PLN juga melistriki hotel dan penginapan yang akan mendukung suksesnya perhelatan akbar internasional tersebut.

PLN juga memasang empat unit Stasiun Pengisian Listrik Umum, yaitu di dua lokasi camping ground, lokasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah di area festival MXGP dan juga di Taman Mangga, yang merupakan tempat berkumpul masyarakat.
“Terima kasih kepada seluruh stakeholder dan masyarakat. Semoga suksesnya gelaran MXGP ini dapat mendukung perekonomian, khususnya di Sumbawa. NTB semakin dikenal dan mendunia”, tutup Djarwo.(bul)