Ditargetkan Zero Kasus Covid-19, Tes Swab Secara Acak di MXGP Samota

0
Setiap penonton melakukan scan peduli lindungi sebelum masuk ke arena sirkuit MXGP (Suara NTB/ist)
ads top adsamman

Mataram (Suara NTB) – Pada saat event Motocross Grand Prix (MXGP) Samota tanggal 24 – 26 Juni kemarin, penyelenggara kegiatan memberlakukan protokol kesehatan untuk para penonton yang datang. Hal ini sesuai dengan perintah Satgas Nasional yang telah memberikan rekomendasi Nomor : 124/2022 untuk penyelenggaraan MXGP Samota.

Asisten III Setda NTB dr. Nurhandini Eka Dewi mengatakan, penonton harus sudah mendapatkan vaksinasi ketiga atau booster. Namun bagi yang belum mendapatkan vaksin booster, mereka mendapatkan suntikan booster sebelum menonton event ini. Selain itu pengendalian prokes dilakukan dengan mewajibkan penonton memakai masker. Dimana panitia membagikan masker untuk para penonton yang datang ke sirkuit.

‘’Ada kewajiban kami untuk melakukan PCR atau antigen secara sampling di antara orang-orang yang hadir di MXGP kemarin. Saat ini kami masih melihat datanya,’’ kata Nurhandini Eka Dewi kepada Suara NTB, Selasa, 28 Juni 2022.

Ia mengatakan, pola pengawasan dan pengendalian di MXGP Samota ini sebetulnya disusun bersama Satgas Nasional saat kegiatan MotoGP bulan Maret lalu. Konsep itu pula yang diterapkan saat MXGP Samota yang sudah berlangsung dengan baik.

Dokter Eka mengatakan, setiap penonton yang masuk ke arena Sirkuit MXGP menggunakan aplikasi peduli lindungi untuk mengetahui status kesehatan para penonton. Jika belum menerima vaksin booster, maka akan terlihat di dalam sistem dan diberikan vaksin sesuai dengan rekomendasi Satgas Nasional.

Pada saat MXGP kemarin, tim kesehatan membawa sebanyak hampir 15 ribu antiten sebagai sampel tes swab secara acak.Diharapkan hasilnya memang nihil kasus Covid-19 selama event tersebut, sebab jumlah temuan kasus di Pulau Sumbawa memang sudah sangat landai dalam beberapa minggu terakhir.

‘’Maunya kita zero case. Sebab kasus Covid di Pulau Sumbawa itu hampir tidak ada selama tiga minggu ini, semoga hasilnya nol,’’ ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. H. Lalu Hamzi Fikri mengatakan, pihaknya menerjunkan tim prokes yang bertugas untuk penguatan penegakan prokes kepada seluruh penonton yang hadir. Selain melakukan edukasi, tim prokes juga mengarahkan semua penonton untuk scan peduli lindungi di pintu masuk sirkuit. ‘’Untuk hasilnya, saya masih cek updatenya,’’ ujar Fikri.(ris)