Bumikan Al-Qur’an di Kalangan Milenial

0
Madani Mukarom (Suara NTB/ham)
ads top adsamman

MUSABAQAH Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi NTB Tahun 2022 mulai digelar dari tanggal 29 Juni hingga 6 Juli 2022 di Lapangan Umum Masbagik, Lombok Timur (Lotim). Diharapkan dengan pelaksanaan MTQ ini akan mampu membumikan Al-Qur’an di kalangan milenal.

‘’Temanya implementasi Nilai Al-Qur’an Kokohkan Moderasi Beragama di Era Milenal. Semua kabupaten/kota di NTB ikut dengan jumlah peserta 517 orang. Putra 290 orang dan putri 257 orang.  Persiapan sudah final. Malam ta’aruf, dilaksanakan tanggal 29 Juni, pawai ta’aruf tanggal 30 Juni, pembukaan tanggal 30 Juni oleh Bapak Gubernur jam 7 malam,’’ ungkap Asisten I (Pemerintahan dan Administrasi Rakyat) Setda NTB Ir. Madani Mukarom, B.Sc., F., M.Si., pada Suara NTB di ruang kerjanya, Selasa, 28 Juni 2022.

Pelaksanaan MTQ ini, ujarnya, diharapkan bisa menggugah kalangan milenal hadir mengikuti acara di setiap lomba. Kehadiran mereka ini setidaknya memberikan inspirasi bagi mereka untuk belajar dan memahami Al-Qur’an yang sesungguhnya. Diakuinya, dibandingkan kegiatan pagelaran musik atau olahraga, tingkat kehadiran penonton masih minim.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan sekolah bisa menggerakkan siswa atau santri untuk hadir menonton. ‘’Memang dari dulu dibandingkan acara hiburan lain, MTQ suka sepi penonton. Paling yang hadir orang-orang tua dan kami harapkan ini membeludak dengan kehadiran generasi muda,’’ ujarnya.

Dalam menarik minat generasi muda untuk menonton MTQ, pihak panitia akan menampilkan hiburan kasidah dari sekolah-sekolah mulai dari jam 4 sore, termasuk pada acara malam. Pada acara malam akan diisi dengan kreativitas anak-anak sekolah, sehingga anak yang datang menonton menjadi lebih ramai. Tidak hanya itu, beberapa kabupaten/kota di NTB juga siap mengisi sejumlah kegiatan MTQ dengan menampilkan hiburan bernuansa Islami.

Sementara dari hasil pantauan di lapangan, persiapan lapangan sudah hampir 80 persen, tinggal finishing dan pengecatan saja. Dewan hakim juga sudah dikukuhkan jumlah cabang yang dilombakan 23 cabang.

‘’Pembagian tempat kontingen, dukungan akomodasi dan transportasi dibagi sama OPD di Lotim yang melayani semua. Nantinya yang juara di MTQ ini akan dipersiapkan mengikuti MTQ Nasional dengan mendatangkan hakim-hakim atau juri-juri yang pakar di bidangnya, sehingga mampu membawa nama NTB di tingkat nasional,’’ ujar mantan Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup NTB ini. (ham)