Sukseskan Event MXGP, Anggota Pramuka Jadi Tenaga Sukarela

0
Anggota pramuka membersihkan sampah di Sirkuit MXGP. Kegiatan ini merupakan upaya Pramuka NTB mensukseskan pelaksanaan MXGP di Samota Sumbawa dari tanggal 24 hingga 26 Juni. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pelaksanaan event Motocross Grand Prix (MXGP) di kawasan Samota Kabupaten Sumbawa sudah sukses digelar. Event ini tidak hanya menjadi tugas panitia inti di lapangan, tapi juga kontribusi elemen lain, seperti anggota Pramuka dan pecinta lingkungan. Mereka ikut menjaga kebersihan lokasi kegiatan dengan memungut sampah, termasuk sebagai tenaga sukarela pengatur lalu lintas di jalan raya.

Seperti yang dilakukan anggota Pramuka dari penegak dan pandega se Kwartir Cabang Sumbawa dan Kwartir Cabang Kota Mataram sejak event MXGP dari tanggal 24 Juni hingga 26 Juni 2022. Menurut Ketua Kwarda Gerakan Pramuka NTB Drs. H. Fathul Gani, M.Si., anggota Pramuka terlibat mensukseskan perhelatan MXGP dengan membersihkan lingkungan dan menjadi sukarela membantu petugas kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub), BPBD dan Basarnas mengatur lalu lintas di jalan raya dan laut.

‘’Keterlibatan anggota pramuka merupakan bentuk pengamalan dari dasa darma Pramuka. Pramuka siap berbakti tanpa batas untuk negara dan daerah,’’ ujarnya, Senin, 27 Juni 2022.

Diakuinya pada hari pertama MXGP, relawan Gerakan Pramuka bersama Polres Sumbawa dan Dishub membantu pengaturan lalu lintas kegiatan karnaval peserta MXGP Samota 2022 dari Kantor Bupati Sumbawa dan finish di Istana Dalam Loka. Sementara pada hari kedua, selain membantu pada bidang pengaturan lalu lintas bersama Dishub, anggota Pramuka yang lain melakukan pemilahan sampah.

‘’Pemilahan sampah dipilah ke 2 jenis sampah yg bernilai ekonomis dan sampah residu. Setelah dipilah, sampah residu dibawa ke TPA. Total sampah dari tanggal 23 sampai dengan 25 Juni 2022. Residu,3.483, 5 kg, daur ulang 1.080, 3 kg, sehingga total menjadi 4.563,8 kilogram,’’ terangnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan ini adalah bagian dari upaya Pramuka NTB mensukseskan kegiatan berskala internasional yang digelar di NTB. Terlebih, pramuka memiliki banyak anggota yang tersebar hingga desa, hingga gampang untuk dikerahkan dalam membantu pemerintah.

Tidak hanya itu, tambahnya, pengurus Kwarda Pramuka NTB juga membuat subcamp yang berlokasi di Pantai Ai Lemak dan lokasinya tidak jauh dari Sirkuit MXGP. ‘’Ini juga bentuk dukungan kami pada pelaksanaan MXGP di Samota Sumbawa,’’ ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB ini. (ham)