Pembangunan IPAL Komunal Belum Jelas

0

Mataram (Suara NTB) – Sejak tiga tahun, rencana pembangunan instalasi pengolahan limbah (IPAL) komunal di Kelurahan Tanjung Karang Permai, Kecamatan Sekarbela belum ada kejelasan. Proyek senilai Rp1,2 triliun menunggu tender dari pemerintah pusat.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram, Muhammad Ramayoga menjelaskan, pembangunan instalasi pengolahan limbah komunal masih berproses karena perlu penyesuaian perencanaan. Penyesuaian ini dikarenakan rumah pompa yang semestinya dibangun di Taman Jangkar, Ampenan terjadi pergeseran.Hal ini harus dikoordinasikan dengan pemerintah pusat untuk pembebasan lahan.“Kami sudah koordinasikan dengan BKD untuk pembelian lahan di sebelah jembatan dekat bengkel di Ampenan,” kata Yoga ditemui, Senin, 27 Juni 2022.

Pembangunan IPAL komunal direncanakan sejak tahun 2019 lalu.Pemkot Mataram menyediakan lahan seluas 3 hektar di Kelurahan Tanjung Karang Permai, Kecamatan Sekarbela.Faktanya, belum ada kepastian terkait pelaksanaan tender maupun pengerjaan fisik hingga saat ini.Yoga berdalih, perencanaan belum selesai akibat terjadi perubahan tersebut.Sementara, tender menjadi kewenangan pemerintah pusat.“Lokasi pembangunan fisiknya tetap di lahan seluas 3 hektar itu.Cuma tempat pompannya ini yang bergeser,” jelasnya.

Proyek ini diperkirakan membutuhkan anggaran mencapai Rp1,2 triliun. Pendanaannya dari bank dunia. Mantan Sekretaris Bappedaini  memahami, pemerintah pusat sedang fokus menyelesaikan pembangunan ibukota negara baru di Kalimantan,sehingga proyek ini masih menunggu penganggaran.

Secara teknis, ia belum mengetahui sistem pengelolaannya. Sistem pengelolaan ini masih tahap diskusi dengan kementerian. Skenarionya adalah, pemerintah pusat akan mengelola selama setahun sebelumnya diserahkan ke pemerintah daerah. Selanjutnya, akan menjadi kewenangan daerah untuk menyerahkan pengelolaannya ke PT. Air Minum Giri Menang ataukah dibentuk perusahaan daerah berbeda. “Kalau ini masih proses diskusi,” demikian kata dia. (cem)