Berpeluang Gelar MXGP, Loteng Siap Berbenah

0
H. L. Pathul Bahri (Suara NTB/dok)
ads top adsamman

Praya (Suara NTB) – Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) berpeluang menjadi tuan rumah gelaran event motocross internasional, MXGP di tahun 2023 mendatang. Dengan Sirkuit Motocross 459 Lantan sebagai lokasi penyelenggaraannya. Menyusul Kabupaten Sumbawa yang sukses menjadi tuan rumah MXGP seri 12 tahun 2022 ini, di kawasan Teluk Saleh, Moyo dan Tambora (Samota) pada 24-26 Juni kemarin.

Kepada wartawan, Bupati Loteng, H. L. Pathul Bahri, S.I.P., Senin, 27 Juni 2022, mengatakan, peluang Loteng menyelenggarakan ajang MXGP sangat terbuka. Terlebih dari pembicaraan yang dilakukan akhir pekan kemarin saat pertemuan di Sumbawa, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, memberikan lampu hijau sekaligus dukungan penuh kepada Loteng untuk bisa menggelar salah satu seri balapan MXGP tahun depan.

“Bahkan Pak Gubernur NTB yang menyampaikan kalau Loteng berpeluang menjadi tuan rumah event MXGP tahun depan,” jelas Ketua DPD Partai Gerindra NTB ini.

Namun Pathul mengakui, kalau menjadi tuan rumah event olahraga dunia apalagi sekelas MXGP bukanlah perkara mudah, banyak persiapan yang harus dilakukan. Tidak hanya terkait kesiapan lokasi gelaran. Tapi juga persiapan sarana dan fasilitas pendukung lainnya.

“Tapi kalau memang Loteng diberi kesempatan menjadi tuan rumah, kita pada prinsipnya siap,” tegasnya.

Saat ini, Loteng sudah memiliki sirkuit khusus motocross di Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara hanya memang standar sirkuit masih standar nasional. Dengan kata lain, untuk bisa menjadi lokasi gelaran MXGP, maka diperlukan upgrading (peningkatan) status sirkuit. Misalnya, dengan menambah panjang lintasan balap supaya memenuhis standar internasional. Termasuk fasilitas pendukung sirkuit lainnya, konsekuensinya harus ada perluasan area sirkuit.

Dari sisi penunjang di luar sirkuit kondisi jalan menuju sirkuit juga harus ditingkatkan dan diperlebar. Mengingat, saat ini kondisi jalan ke sirkuit motocross Desa Lantan masih sempit. “Memang masih banyak yang harus dipersiapkan untuk bisa menyelenggarakan event MXGP. Tapi jika benar-benar ditunjuk, kita siap,” tandasnya.

Sirkuit Motocross 459 Lantan sendiri tahun ini sudah ditetapkan sebagai lokasi gelaran Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Motocross yang direncanakan bakal digelar awal bulan November mendatang. Sebelum ini, sirkuit tersebut juga sudah menggelar ajang eksebisi kejuaraan daerah (kejurda) Motocross NTB, bulan April kemarin.  (kir)