UTBK-SBMPTN Unram, 3.252 Orang Dinyatakan Lulus

0
Foto udara kampus Universitas Mataram.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 3.252 calon mahasiswa lulus Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Mataram (Unram). Pengumuman kelulusan UTBK-SBMPTN dilakukan pada Kamis, 23 Juni 2022.

Koordinator Akademik Unram, Dwi Siswanto mengungkapkan, sebanyak 3.252 calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN terbagi ke dalam 38 Program Studi (Prodi) di Unram.Sebelumnya, tercatat sebanyak 12.845 orang yang mendaftar UTBK-SBMPTN yang mengikuti tes di Unram.

Tes dilakukan dengan dua gelombang, gelombang I yang dilaksanakan dari tanggal 17 – 23 Mei 2022 lalu diikuti oleh 6.913 peserta. Gelombang II diikuti 5.932 orang peserta yang dilaksanakan pada tanggal 28 Mei – 2 Juni 2022.

“Kami mengucapkan selamat kepada para peserta UTBKSBMPTN 2022 yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SBMPTN 2022. Kepada peserta lulus diingatkan agar segera mengetahui jadwal pendaftaran ulang calon mahasiswa baru. Bagi peserta yang tidak lulus atau yang belum diterima agar tidak berputus asa dan tetap semangat karena masih memiliki kesempatan untuk mengikuti Seleksi Jalur Mandiri Unram,” ujar Dwi.

Prodi di Unram dengan jumlah calon mahasiswa baru terbanyak yang diterima melalui jalur SBMPTN yaitu Prodi Ilmu Hukum dengan jumlah 253 orang, diikuti Prodi Manajemen dengan jumlah 180 orang, dan Prodi Peternakan sebanyak 165 orang.

Dwi Siswanto mengatakan, pendaftaran jalur mandiri untuk program studi jenjang S1, Diploma III dan Vokasi adalah lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2020, 2021 atau 2022. Untuk Paket C usia paling tinggi 25 tahun per 1 Juli 2022. Khusus pendaftar yang memilih program studi S1 Pendidikan Dokter harus berasal dari lulusan SMA/MA jurusan IPA. Juga memenuhi persyaratan jurusan di SMA/MA/SMK pada program studi tertentu. Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu proses belajar di perguruan tinggi.

“Pendaftaran seleksi mandiri di laman http://mandiri.pmb.unram.ac.id.,” ujarnya.

Pendaftaran secara daring dibuka pada 16 sampai 27 Juni 2022. Sementara utnuk UTBK – Mandiri digelar pada 7 Juli sampai dengan 16 Juli 2022. “Tentatif dan akan disesuaikan dengan jumlah pendaftar. Pengumuman kelulusan 23 Juli 2022,” ujar Dwi.

Kelompok ujian yang ditawarkan yaitu Kelompok ujian SAINTEK, yang diperuntukkan bagi pendaftar yang memilih program studi kategori Saintek. Dan kelompok ujian Soshum diperuntukkan bagi pendaftar yang memilih program studi kategori Soshum.

“Pendaftar dapat memilih maksimal dua program studi,” ujar Dwi.

Jenis soal ujian UTBK-Mandiri yaitu tes bidang studi dasar meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar. Tes bidang studi saintek meliputi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Dan, tes bidang studi soshum meliputi Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Di penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri ini, Unram menawarkan 38 Program Studi S1, empat program Diploma III, dan program vokasi Diploma tiga yang ada di Lombok Utara dan Bima. (ron)