Transit di Jakarta, Kloter Terakhir Embarkasi Lombok Diterbangkan

0
Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, melepas JCH asal Loteng, Jumat, 24 Juni 2022. JCH asal Loteng menjadi JCH terakhir yang diterbangkan ke tanah suci. (Suara NTB/kir)
ads top adsamman

Praya (Suara NTB) – Kelompok terbang (kloter) terakhir Embarkasi Lombok telah diterbangkan ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi, pada Senin, 27 Juni 2022.  Kloter 6 ini merupakan kloter campuran dengan jemaah calon haji (JCH) Pondok Gede Jakarta, kloter 029 dengan total penumpang sebanyak 289 orang. Terdiri dari JCH, tenaga medis serta petugas pendamping haji.

Data yang diperoleh Suara NTB menyebutkan, untuk Embarkasi Lombok total ada 102 penumpang, terdiri dari 98 JCH asal Lombok Tengah (Loteng), 1 orang JCH asal Kota Mataram serta tiga orang tenaga medis dan petugas pendamping haji. Sedangkan kloter 029 Pondok Gede Jakarta, berjumlah 187 JCH, berasal dari Jakarta, 165 orang, Banjarmasin, 2 orang serta Solo 20 JCH.

“Kloter ini memang kloter campuran dari dua embarkasi, Lombok serta Jakarta. Sekaligus kloter terakhir Embarkasi Lombok,” sebut Stakeholder Relation Manager PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA) Arif Hariyanto, kepada Suara NTB, Minggu, 26 Juni 2022.

Ia menjelaskan, pesawat pengangkut haji terbang dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) dan transit di Jakarta untuk menaikkan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta baru kemudian langsung terbang ke tanah suci. “Karena ini kloter campuran, jadi pesawat dari Lombok transit terlebih dahulu di Jakarta untuk menaikkan JCH yang lain. Tidak langsung seperti 5 kloter sebelumnya,” tandas Arif, seraya menambahkan, sejauh ini proses pemberangkatan JCH Embarkasi Lombok berjalan aman dan lancar.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Loteng, H. Zamroni Azis, mengatakan, total ada 335 orang JCH asal Loteng yang berkesempatan menunaikan ibadah haji tahun ini. Para JCH tersebut semestinya berangkat dua tahun yang lalu. Namun karena pandemi Covid-19, baru bisa diberangkatkan pada musim haji tahun ini.

Para JCH asal Loteng diterbangkan dalam dua kloter, yakni kloter 5 Embarkasi Lombok sebanyak 236 JCH, termasuk petugas dan pendamping dan kloter 6 (campuran) sebanyak 99 orang termasuk petugas akan berangkat bersama dengan kloter Pondok Gede. Dari JCH yang berangkat tahun ini ada satu JCH termuda, M.Islanul (19) dari Kecamatan Jonggat.

Sementara itu, Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.I.P., saat melepas keberangkatan JCH asal Loteng, di halaman Masjid Agung Loteng, Jumat, 24 Juni 2022 berharap semua JCH asal Loteng bisa diberikan keselamatan dan kesehatan, sehingga bisa menjalankan semua rangkaian ibadah haji dengan baik. Dan, pada akhirnya bisa pulang dengan selama serta bisa menyandang predikat haji mabrur.

Kepada JCH, Pathul juga menitipkan doa agar Loteng bisa tetap aman dan kondusif dan Pemkab Loteng juga bisa menjalankan dengan baik, sehingga ke depan Loteng bisa menjadi daerah yang maju. “Ketika di Mekkah, doakan kami seluruh masyarakat dalam kerangka membangun Loteng,” pesannya. (kir)