Menkes Resmikan Fasilitas Pustu Plus, Warga Sekotong Timur Tak Lagi Tempuh Jarak Jauh untuk Berobat

0
Menkes RI Budi Gunadi Sadikin didampingi Wagub Hj Sitti Rohmi Djalilah dan Wabup Hj. Sumiatun meresmikan fasilitas Pustu Plus di Dusun Aik Mual Desa Sekotong Timur.
ads top adsamman

Giri Menang (Suara NTB) – Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin melakukan kunjungan kerja ke wilayah Lombok Barat (Lobar). Kunjungan ini dilakukan Sabtu, 25 juni 2022 di Dusun Aik Mual, Desa Sekotong Timur, Kecamatan Lembar, Lombok Barat. Menkes berkunjung ke Dusun Aik Mual, salah satu wilayah pedalaman Sekotong Timur itu dalam rangka peresmian dan penandatangan Puskesmas Pembantu (Pustu) Plus.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Bupati Lobar Hj. Sumiatun, Dirjen Kesehatan Masyarakat, Ketua dewan YTBN, CEO AFC Lifes, dan Kepala Dikes Lobar Arif Suryawirawan bersama jajaran serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan rasa terima kasih kepada Yayasan Tunas Bakti Nusantara (YTBN), AFC Lifes dan Pemkab Lobar atas dedikasinya sehingga Puskesmas Pembantu ini dapat terbangun.

“Kolaborasi ini sangat membantu Kementerian Kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Budi.

Menkes juga berharap agar ke depannya dapat terus bekerjasama dan berkolaborasi untuk membangun negara ini menjadi lebih baik khusunya di sektor kesehatan. Sebab hal tersebut berdampak langsung kepada masyarakat dan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di suatu negara.

“Ada dua faktor yang sangat penting yang mempengaruhi berkembangnya suatu negara yakni pendidikan dan kesehatan, maka dari itu semoga kita bisa selalu bekerjasama untuk terus meningkatkan kesehatan masyarakat dari hilir sampai ke hulu,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun mengatakan bahwa Pembangunan Pustu Plus Aik Mual yang dilakukan oleh Yayasan Tunas Bakti Nusantara dan berkolaborasi dengan berbagai pihak ini sangat membantu Pemerintah Daerah Lombok Barat. Ia menyampaikan bahwa Pemkab Lombok Barat berterima kasih kepada berbagai pihak utamanya YTBN yang telah membangun Pustu di wilayah pedalaman Sekotong Timur ini. Menurutnya hal ini sangat membantu Pemkab Lombok Barat yang terus berupaya bergerak cepat dalam memajukan sektor pendidikan dan kesehatan.

“Keberadaan pustu ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan mempermudah warga dusun setempat mendapatkan fasilitas kesehatan. Karenanya kami atas nama pemerintah daerah menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas kerja bersama berbagai pihak sehingga pembangunan Pustu Plus dapat terlaksana dan diresmikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI. Terima kasih untuk semua pihak,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa Pemkab sangat terbantu karena PUSTU PLUS ini dibangun di lokasi dusun yang terpencil dan medan yang susah dilalui. Ia sangat meyakini bahwa Pustu ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Ia meminta kepada Dinas Kesehatan Lombok Barat untuk memanfaatkan Pustu ini semaksimal mungkin dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina Yayasan Tunas Bakti Nusantara, Wicahyo Ratomo mengatakan, bahwa Pustu ini dibangun di lokasi yang cukup terpencil atau pedalaman dan akses menuju lokasi sangat terbatas. Hal ini tentu menjadi tantangan baginya untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dalam bidang kesehatan. Karena itu, ia dan tim melakukan survei mendalam untuk membangun pustu ini.

Menurutnya dari survei yang dilakukan untuk mendapatkan fasilitas kesehatan dari Dusun Aik Mual ini membutuhkan waktu 4 jam menuju fasilitas kesehatan terdekat. Dari hasil survei tersebut, akhirnya tim memutuskan membangun Pustu di Wilayah tersebut.

“Dari survei yang kami lakukan masyarakat Aik Mual untuk menuju fasilitas kesehatan terdekat membutuhkan waktu 4 jam sehingga kami dan juga dibantu oleh pemkab Lobar memutuskan untuk membangun Pustu Plus di dusun ini guna mempermudah warga setempat mendapatkan fasilitas kesehatan,” ungkap Wicahyo Ratomo.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan hibah bangunan Pustu Plus dari YTBN kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun. Pengelolaan Pustu Plus ini selanjutnya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatangan prasasti Pustu Plus dan juga peninjauan langsung puskesmas yang di lakukan oleh menkes Budi Gunadi Sadikin, Wakil Gubernur dan Wakil Bupati Lombok Barat. Diharapkan keberadaan Pustu ink dapat meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Dusun Aik Mual, Desa Sekotong Timur, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. (her)