Tiga Ton Sampah Terkumpul pada Hari Terakhir MXGP Samota

0
Tim relawan NTB Zero Waste saat membersihkan sampah di arena MXGP Samota. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Hari terakhir MXGP penonton tumpah ruang di arena Sirkuit Samota. Kendaraan roda dua dan roda empat memadati jalan ke arah Samota. Tim relawan NTB Zero Waste dan para pihak lainnya yang telah bekerja sejak tanggal 23 Juni 2022, terus bekerja hingga pukul 18.30 Wita untuk menyisir sampah di arena MXGP Samota.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Julmansyah, mengatakan, H\hingga pukul 18.30 Wita, sampah di VIP dan arena utama sirkuit telah dibersihkan. Tinggal sampah UMKM dan sampah konser musik malam ini yang akan dipilah Senin, 27 Juni 2022 pagi.

Adapun total sampah pada Minggu, 26 Juni 2022 dari pukul 07.00 hingga 18.30 Wita yang terkumpul dan dipilah sekitar 3 ton. Dengan rincian 2,4 ton yang telah ditimbang sementara sisanya masih ada di Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

“Bahkan malam ini kendaraan operasional sampah masih akan mengangkut tumpukan karung sampah di beberapa titik di arena sirkuit,” ujar Julmansyah.

Perhelatan internasional seperti ini harus menyiapkan tata kelola sampah. “Ini pengalaman bagi kita, agar perhelatan internasional di mana dan kapan pun tidak meninggalkan persoalan sampah,” pungkas Julmansyah. (r)