Seluruhnya SDM Lokal, Marshal MXGP Samota Siap Bertugas

0
Pembekalan marshal sebelum bertugas pada Sabtu dan Minggu ini (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Keberadaan marshal dalam sebuah gelaran balap motor menjadi komponen yang sangat penting. Di MXGP Samota, semua marshal telah mendapatkan serangkaian pelatihan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB sebelum mereka bertugas tanggal 25 – 26 Juni 2022.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB dr. H. Lalu Herman Mahaputra mengatakan, jumlah marshal yang dilibatkan di MXGP Samota sebanyak 120 orang. Yang istimewa dari marshal ini adalah semuanya berasal dari Sumbawa atau murni SDM lokal. Pihaknya tidak menggunakan marshal yang terlibat di MotoGP Mandalika seperti rencana awal.

Perekrutan marshal dari potensi lokal dengan tujuan agar SDM marshal tidak bergantung dari luar daerah atau dari luar negeri. Terlebih gelaran MXGP Samota ini memiliki kontrak selama lima tahun, sehingga SDM lokal sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan event di tahun-tahun mendatang.

“Karena Samota bukan hanya tahun ini, kita ada kontrak sampai lima tahun. Sehingga harapan saya marshal-marshal ini bisa  menjadi salah satu pendukung kegiatan-kegiatan internasional yang ada di Samota. Tidak perlu ambil-ambil dari luar,” kata Dokter Jack, sapaannya kepada Suara NTB, Jumat, 24 Juni 2022.

Ia mengatakan, serangkaian pelatihan terhadap marshal sudah dilakukan sejak beberapa minggu terakhir. Mereka direkrut dari klub – klub motor yang notabene sangat mencintai dunia motor. Selain dari klub motor, ada 30 marshal berasal dari elemen TNI dan Polri. Pihaknya di IMI NTB akan memberikan sertifikasi khusus untuk para marshal tersebut usai menjalankan tugasnya di MXGP Samota ini.

Dengan seragam oranye, marshal memiliki tugas penting baik di lintasan maupun di pit lane. dikutip dari situs Autosport, marshal memiliki peran berbeda-beda di setiap balapan. Mereka bertugas sesuai dengan tupoksi mereka, ada yang di sirkuit, garis start, tikungan tajam, maupun di pit lane.

Secara umum, tugas marshal adalah membantu pembalap jika terjadi kecelakaan di lintasan. Tak hanya membantu pembalap, mereka juga akan membersihkan lintasan usai insiden agar bisa digunakan kembali. (ris)