Sampah di Hari Kedua MXGP Samota Sebanyak 3 Ton Terkelola dengan Baik

0
Proses pembersihan sampah di sirkuit MXGP Samota. (Suara NTB/ist)
ads top adsamman

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pelaksanaan MXGP Samota telah dimulai sejak Jumat, 24 Juni 2022. Tim relawan zero waste mulai bekerja sejak pukul 07.00 Wita. Relawan melakukan pembersihan sampah sisa pentas musik Jumat, 24 Juni 2022 malam. 

 

Relawan secara reguler menyisir sampah-sampah yang ada di dalam bak sampah di 100 titik arena sirkuit MXGP Samota. Proses pemilihan di tempat pembuangan sampah (TPS) dilakukan di luar arena MXGP, tetapi masih dalam kawasan Samota. 

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB, Julmansyah, S.Hut, M.Ap., mengatakan, total hasil pemilahan sampah hari ini sebanyak 3.399 kg. Jumlah ini sampah daur ulang sebanyak 724,5 kg dan residu 2,675 kg. 

 

Proses pemilihan dan penyisiran sampah di arena sirkuit berjalan sesuai dengan rencana. Sehingga selama berlangsungnya MXGPdari 23 Juni sampai dengan 25 Juni 2022, total sampah yang terpilah di MXGP sebanyak 4.563 kg. 

 

“Berlangsungnya pemilihan sampah hari dengan baik hari ini merupakan buah dari kolaborasi semua pihak dalam tim relawan Zero Waste NTB. Relawan bekerja hingga malam hari untuk memastikan sampah minim di arena dan terpilah di TPS,” ujar Julmansyah. (r)