Proyek Gedung Kantor Perpustakaan Dikerjakan Awal Tahun 2023

0
Jimmy Nelwan. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram telah memfinalisasi lokasi pembangunan gedung kantor Kearsipan dan Perpustakaan. Proyek senilai Rp11 miliar akan dikerjakan awal tahun 2023.  Pembangunan menyesuaikan dengan perencanaan pembangunan kantor Walikota.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Mataram, Jimmy Nelwan menjelaskan, rencana awal pembangunan gedung kantor Kearsipan dan Perpustakaan Daerah akan dibangun di kompleks Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pagutan. Pertimbangan dari Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang tidak memperbolehkan karena memiliki konsekuensi pidana, sehingga kebijakan kepala daerah pembangunan dialihkan ke lahan dekat monumen Mataram Metro.

Syarat pembangunan gedung kantor minimal membutuhkan lahan 30-50 are. Lahan disamping Dinas Pemadam Kebakaran tidak mencukupi dan hanya tersedia luas lahan 7 are “Berdasarkan pertimbangan Pak Wali pembangunan kantor kearsipan dan perpustakaan diputuskan di lahan dengan kompleks perkantoran walikota di Jalan Dr. Soedjono,” terang Jimmy dikonfirmasi, Jumat, 24 Juni 2022.

Proses pembangunan akan terintegrasi dengan masterplan atau rencana pembangunan Kantor Walikota. Jimmy menjabarkan, dari anggaran Rp11 miliar di antaranya Rp10 miliar untuk pembangunan gedung kantor, pengadaan meubel Rp500 juta, kebutuhan teknologi dan informatika Rp300 juta, dan Rp200 juta untuk deposit pengadaan e-book dan buku.

Ia menambahkan, Kapusnas menyarankan supaya pembangunan tidak terbentur penyelesaian sehingga diminta dilelang pada bulan November. Kemudian, pekerjaan fisik dimulai pada awal tahun 2023 mendatang. “Supaya tidak terbentur penyelesaiannya. Proyek akan dikerjakan awal tahun,” sebutnya.

Mantan Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja ini mengharapkan, tidak ada kendala dalam proses pembangunan,sehingga gedung itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. (cem)