Polda NTB Gelar Sterilisasi di Sekitar Sirkuit MXGP

0
Unit satwa Polda NTB melakukan sterilisasi jelang MXGP Samota, Jumat (24/6). (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Polda NTB mengerahkan unit satwa untuk melakukan sterilisasi menjelang balapan Motocross Grand Prix (MXGP) dan MX2 yang berlangsung mulai Sabtu, 25 Juni 2022 hari ini. Personel unit satwa yang dipimpin oleh Kasubnit Harvet Ipda Made Triana melaksanakan sterilisasi bahan peledak (handak) dengan menggunakan Satwa K-9 di sekitar lokasi Gate 1 dan 2 sirkuit MXGP Samota.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto mengatakan, kegiatan sterilisasi handak mulai digelar sejak pukul 06.00 Wita pada Jumat, 24 Juni 2022. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pembalap, kru, penyelenggara dan para penonton selama berlangsungnya event.

“Personel unit satwa melaksanakan sterilisasi handak dengan menggunakan satwa K-9 di sekitar lokasi Gate 1 dan 2 sirkuit MXGP Samota sembari melaksanakan patroli K-9 di sekitar area Rocket Motor Circuit,” kata Artanto kepada wartawan, Jumat, 24 Juni 2022.

Artanto mengatakan, untuk pengamanan event MXGP di Rocket Motor Circuit, anggota Satgas  Dit Samapta Polda NTB yang tergabung dalam Ops Samota Rinjani 2022 melakukan berbagai kegiatan, di antaranya patroli di sekitar jalan menuju pintu masuk sirkuit.

Ia menjelaskan, Satgas Samapta juga memberikan imbauan kepada semua penonton terkait dengan lokasi parkir kendaraan agar tidak menyalahi ketentuan. Dalam imbauannya, tim yang dipimpin oleh Kasubsatgas Samapta AKBP I Ketut Musti Darma meminta kepada masyarakat agar tidak memarkir kendaraan di tepi jalan. “Kita meminta penonton tidak memarkir kendaraannya guna meminimalisir terjadinya kemacetan di sepanjang jalan Gate 1, 2 dan 3 sirkuit Samota, “ucapnya.

Selain sterilisasi handak dan imbauan terkait dengan parkir kendaraan, pihak kepolisian juga melakukan sterilisasi jalan menuju sirkuit yang dilakukan oleh 20 personel Tim UPRC Dit Samapta Polda NTB.

“Tim UPRC Dit Samapta melaksanakan imbauan kepada pemilik kendaraan yang parkir sembarangan di bahu jalan menuju sirkuit dan juga kepada pengunjung agar tidak memarkir kendaran di bahu jalan sekitaran Gate 3 Sirkuit MXGP dengan tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi 3C dan premanisme,” ungkapnya. (ris)