Koperasi Porang dan Warga Kerurak Swadaya Perbaiki Jalan Kabupaten

0
Warga Dusun Kerurak beserta Kelompok Sari Porang, swadaya memperbaiki jalan aspal kabupaten dengan rabat semen. (Suara NTB/ist)
ads top adsamman

Tanjung (Suara NTB) – Kelompok Sari Porang (Dusun Besari dan Kerurak), beserta warga Kerurak, melakukan swadaya gotong-royong menambal jalan aspal kabupaten. Setidaknya, dua titik yang diperbaiki di jalur Dusun Kerurak – Dusun Penjor, Desa Segara Katon.

Ketua Sari Porang, Muhlis, dikonfirmasi Jumat, 24 Juni 2022 mengakui, gotong royong perbaikan jalan aspal diinisiasi oleh warga bersama kepala dusun, dan Koperasi Porang. Akses yang diperbaiki tersebut merupakan jalur strategis, karena menghubungkan objek wisata Tiu Pupus dan Tiu Pituq. Jalur tersebut juga merupakan jalur ekonomi yang menghubungkan masyarakat Desa Genggelang, Desa Selelos dengan masyarakat di bagian bawah, hingga ke pusat pemerintahan di Tanjung dan Gangga.

“Perbaikannya tambal sulam dengan rabat. Kebetulan lobangnya cukup dalam, dan kendaraan roda 4 cukup kesulitan melintas,” ucapnya.

Dikatakan, warga yang terlibat gotong royong cukup banyak. Mulai dari kelompok tani, Kelompok Porang, hingga masyarakat Kerurak pada umumnya.

Muhlis mengaku, dirinya selaku Ketua Kelompok Sari Porang, berkepentingan dengan akses tersebut. Sebab, jalur tersebut merupakan penghubung transportasi angkut komoditas hasil porang petani di Desa Segara Katon dan Desa Genggelang.

Pihaknya dari Kelompok Sari Porang juga tidak ragu ikut menyumbang beberapa sak semen untuk keperluan tambak sulam jalur kabupaten itu. “Kebetulan perbaikannya di 2 titik, satu di tanjakan bawah, dan satu lagi di bagian atas.  Alhamdulillah selesai cepat, karena banyak warga terlibat. Pengendara yang melintas juga ikut menyumbang, masing-masing 1 sak semen,” imbuhnya. (ari)