Homologasi Sirkuit MXGP Tuntas, Puluhan Pembalap Siap Beraksi Hari Ini

0
Lalu Herman Mahaputra (Suara NTB/ris)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Proses homologasi Rocket Motor Circuit MXGP Samota yang dilakukan oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) atau Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional sudah tuntas.

Ketua Harian Persiapan MXGP Samota dr. H. Lalu Herman Mahaputra mengatakan, kegiatan homologasi Sirkuit MXGP Samota sudah dilakukan sejak Kamis, 23 Juni 2022 lalu. FIM sudah mengecek secara langsung seluruh areal sirkuit untuk memberikan penilaian. Pada prinsipnya, FIM menilai sirkuit sudah oke dan siap digunakan untuk balapan.

“Yang jelas sudah standart, kesiapan dari penyelenggaraan ini dari seluruh sisi, baik dari sirkuitnya, kemudian bagaimana sarana pendukungnya,” kata Dokter Jack, sapaannya kepada wartawan, Jumat, 24 Juni 2022.

Ia mengatakan, event MXGP berbeda dengan MotoGP. Menurutny,  MXGP ini lebih resisten terjadinya kecelakaan saat balapan, sehingga semua sarana utama dan pendukung benar-benar harus siap dari semua sisi, termasuk aspek medical.

“Kita secara menyeluruh, persiapan sudah berjalan dari kemarin. Pembalap sudah mengecek lintasan, di medical juga sudah kita melakukan simulasi. Terus sarana-sarana pendukung sudah ready semua,” ujarnya.

Soal kualitas dan kelayakan sirkuit, Dokter Jack mengaku dari hasil komunikasinya dengan FIM bahwa Rocket Motor Circuit sangat bagus. Selain konstruksi, layout dan fasilitasnya, view Samota menjadi nilai plus FIM, karena ada pemandangan laut, gunung Tambora dan area perbukitan yang sangat bagus.

“FIM sudah sering memuji bahwa sirkuit oke, medical siap, tinggal kita running saja. Samota ini adalah the best circuit in the world. Kita tak kalah dengan yang ada di Spanyol. Dari sisi layout sirkuitnya sudah sangat bagus, sangat indah. Dari segi ekstremnya, sirkuit ini sangat mendukung,” katanya.

Puluhan pembalap siap turun pada Sabtu, 25 Juni 2022 ini untuk menjalani sesi latihan bebas MX2 dan MXGP serta kualifikasi MX2 dan kualifikasi MXGP. Adapun pembalap Indonesia di MXGP Samota yaitu Ananda Rigi Aditya, Diva Ismayana dan Muhammad Delvintor Alfarizi yang turun di kelas MX2. Sementara pembalap Indonesia lainnya, Farhan Hendra Fahrodjie akan bersaing di kelas utama MXGP.(ris)