Hari ini, Menparekraf Sandi Dijadwalkan Berkunjung ke Buwun Sejati Penilaian ADWI

0
Foto Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno akan berkunjung ke Desa Buwun Sejati dalam rangka penilaian ADWI
ads top adsamman

Giri Menang (Suara NTB) -Manteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan berkunjung ke Desa Buwun Sejati Kecamatan Narmada, Sabtu (25/6). Menparekraf turun dalam rangka penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Tim penilai sejak Jumat (24/6) sudah turun ke Desa itu untuk melakukan penilaian.

Camat Narmada M Busyairi mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan oleh Pemda, kecamatan bersama desa serta semua pihak terkait. Pihak kecamatan dan desa melakukan kegiatan gotong royong sejak jauh-jauh sebelumya. Kemudian bupati dan Sekda turun langsung mengecek kesiapan desa buwun sejati. “Kita sudah sangat siap. Koordinasi Protokol Kemenparekraf, Pemkab, Kepolisian, Pemdes sudah selesai, tinggal action,”kata Busyairi kemarin.

Tim penilai dari kementerian pun kata dia sudah turun ke desa unik melakukan penilaian. Ia bersama dinas terkait dan desa pun sudah menerima tim penilai tersebut. Selanjut besok (hari ini), Menparekraf akan turun berkunjung untuk melihat langsung kondisi desa Buwun Sejati. “Besok (hari ini) pak menteri akan berkunjung melihat langsung kondisi desa buwun sejati,”kata dia. Lebih dekat, Buwun sejati merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat yang memiliki potensi yang luar biasa. Adapun potensi tersebut di antaranya wisata Alam Aik Nyet, Wisata Alam Bunut Ngengkang, Air Terjun Tibu Atas, Wisata Bendungan Jangkok, dan Lainnya. Dari segi budaya Buwun Sejati juga memiliki musik Tradisional Baleganjur, Sanggar Tari, Wayang Kulit, dan sebagainya. Dari segi kuliner Buwun Sejati memiliki Sate Bulayak. Sedangkan dari segi kerajinan Buwun Sejati memiliki Dulang Kayu. Dan Anyaman Ketak. Melihat potensi yang luar biasa tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat menobatkan Desa Buwun Sejati sebagai Desa Wisata Pioner dan File Project untuk Lombok Barat.

Untuk diketahui, ADWI merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat. Kemenparekraf menargetkan 3.000 desa wisata untuk mengikuti ADWI 2022.Tujuan acara Program Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022 agar desa wisata di seluruh Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Marauke yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022. Tidak hanya itu kegiatan ini juga bisa membangun motivasi dan menggali potensi-potensi desa wisata bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui desa wisata. (Her)