FIM dan Infront Puji Samota Gubernur Berharap Bisa Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

0
Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah memberikan sambutan dalam acara penyambutan para pembalap, FIM dan pihak Infront di Kantor Bupati Sumbawa, Jumat (24/6). (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Rocket Motor Circuit atau Sirkuit Samota dinilai memiliki keunggulan dari sederet sirkuit di belahan dunia lainnya. Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Infront Motor Racing turut memuji-muji Samota sebagai salah satu sirkuit terindah di dunia.

CEO Infront Motor Racing David Luongo mengaku tidak bisa menemukan tempat yang sebaik Samota. Di sirkuit ini, treknya terlihat sangat bagus, dan sejumlah persiapan telah siap sejak mereka tiba di sini kemarin.

“Terima kasih kepada Pak Gubernur dan semua pihak yang telah berupaya untuk mewujudkan balapan. Saya tahu bahwa mempersiapkan lintasan sangatlah sulit. Tapi, selama kami balapan, Samota adalah lintasan terbaik,” kata David Luongo dalam acara penyambutan di Kantor Bupati Sumbawa, Jumat, 24 Juni 2022.

Luongo mengaku terkesan saat mendapat penyambutan yang luar biasa dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Ia berharap dapat kembali berlaga di Samota pada tahun-tahun yang akan datang.

Sementara itu, CEO FIM Antonio Cortella mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersungguh-sungguh mempersiapkan segala kebutuhan balapan, mulai dari lintasan, penginapan, dan lain-lain. FIM berharap para pembalap dapat berlaga di Rocket Motor Circuit Samota pada tahun depan.

“Saya tidak sabar untuk melihat apa yang akan terjadi pada minggu ini. Sekali lagi terima kasih banyak, terutama kepada pihak yang telah menyukseskan perhelatan ini,” ungkap Cortella.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh pembalap dan kru untuk menikmati seluruh destinasi yang dimiliki oleh NTB usai menggelar balapan. “Saya berbahagia karena dapat menyambut Anda semua, terutama para pembalap dan kru menuju tuan rumah MXGP 2022 Samota,” kata Gubernur.

Ia menuturkan soal semangat Pemda dan masyarakat NTB yang kembali bangkit setelah dilanda dua bencana. Di mana pada bulan Juli dan Agustus 2018, NTB dilanda bencana gempa bumi yang besar dan mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia dan banyak penduduk kehilangan rumah. Saat itu, NTB mencoba bangkit dan melakukan yang terbaik.

Namun, pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk NTB. Sekali lagi, NTB harus bangkit. Di saat dunia masih dalam proses bangkit setelah dihantam pandemi Covid-19, NTB mulai memberanikan diri untuk menyelenggarakan perhelatan-perhelatan berkelas internasional.

“FIM kembali ke Indonesia untuk cek lokasi perhelatan MXGP, kami minta agar lihat Samota sebagai lokasi balapan. Setelah kami berbincang, akhirnya kami bersepakat dan MXGP dapat terlaksana di Samota,”  tutur Gubernur.

Ia mengatakan, para pembalap akan berlaga di lintasan baru yang dikelilingi langsung oleh perbukitan dan lautan yang indah. Pengunjung tidak akan mendapatkan pengalaman keindahan yang lain melebihi Samota.  “Saya berharap Anda semua benar-benar menikmati hal-hal yang telah kami tawarkan di Sumbawa,” ujarnya.

Terakhir, Gubernur berharap dengan hadirnya event olahraga berskala dunia ini akan dapat mengungkit perekonomian masyarakat, karena wisatawan banyak yang datang untuk menonton event sekaligus berwisata. Sektor pariwisata diharapkan ikut terdongkrak oleh event MXGP ini.(ris)