Jamkrida NTB Gandeng BPJamsostek, Lindungi 1.500 Pekerja yang Terlibat di MXGP Samota

0
Lalu Taufik Mulyajati (kiri) dan dan Adventus Edison Souhuwat (kanan) saat membahas kerjasama perlindungan kepada 1.500 volunteer MXGP Samota (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Perusahaan penjaminan kredit daerah, PT. Jamkrida NTB Bersaing menggandeng BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek untuk memberikan perlindungan terhadap risiko yang mungkin muncul kepada para pekerja yang terlibat mensukseskan NTB sebagai tuan rumah balap motor cross internasional, MXGP Samota.

“Perlindungan ini sebagai bentuk kontribusi kami sebagai perusahaan daerah yang harus ikut mensukseskan MXGP Samota,” kata Direktur Utama PT. Jamkrida NTB Bersaing, Lalu Taufik Mulyajati di Mataram, Kamis, 23 Juni 2022kemarin. Melalui dana sosialnya, Jamkrida NTB membayarkan premi 1.500 volunteer MXGP Samota kepada BPJamsostek agar terlindung dari risiko akibat kecelakaan kerja, bahkan risiko akibat kematian yang bisa saja terjadi.

Perlindungan diberikan selama satu bulan. Sebenarnya, perlindungan ini diberikan tujuh hari sebelum event berlangsung, hingga tujuh hari pasca event berlangsung. Diketahui, seri MXGP Samota akan berlangsung selama tiga hari. Tanggal 24-26 Juni 2022. “Sebenarnya pekerja minta perlindungannya hanya dua minggu, tapi digenapkan jadi sebulan,” demikian Lalu Taufik.

Selain memberi perlindungan jaminan sosial tenaga kerja, Jamkrida NTB juga ikut berpartisipasi sebagai sponsorship dari perhelatan balap ketahanan motor berkelas internasional yang pertama kali diselenggarakan di NTB ini. Diharapkan, dengan ikut ambil bagian mensukseskan MXGP Samota, Jamkrida NTB ikut promosi langsung ke dunia internasional.

“Kita mau memberikan jaminan juga sebenarnya, kepada pembalap MXGP, kepada barang-barang yang dibawanya. Tapi sudah dijamin asuransi internasional yang ditunjuk INFRONT,” demikian Lalu Taufik. Terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan/BPJamsostek Provinsi NTB, Adventus Edison Souhuwat mengatakan, dengan Jamkrida NTB, BPJamsostek memberikan dua perlindungan kepada volunteer MXGP Samota, yaitu perlindungan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM).

“Premi dibayar oleh Jamkrida NTB, Rp16.800 per orang. Kita lindungi dari tanggal 20 Juni 2022 sampai sebulan ke depan,” jelas Adventus. Perlindungan dimaksud meliputi tenaga Marshal, Petugas Kebersihan dan petugas pendukung lainnya pada ajang MXGP Samota.  Apa saja yang didapatkan jika terjadi risiko kecelakaan kerja, atau kematian. Manfaat yang diterima bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Untuk program JKK meliputi perlindungan mulai dari perjalanan pergi, pulang, dan di tempat bekerja serta perjalanan dinas, perawatan tanpa biaya sesuai kebutuhan medis sampai tak terhingga, santunan berupa 100% upah selama tidak bekerja. Jika meninggal dunia akibat kecelakaan kerja mendapat santunan 48x upah yang dilaporkan.

Sedangkan, manfaat yang didapatkan untuk program JKM sebesar Rp42juta dengan rincian santunan kematian Rp20juta, santunan berkala Rp12juta dan biaya pemakaman Rp10juta. Beasiswa kepada dua orang anak, Rp174 juta dengan rincian, jenjang TK sampai SD Rp1,5juta/tahun/anak, jenjang SMP Rp2juta/tahun/anak, jenjang SMA Rp3juta/tahun/anak dan Perguruan Tinggi Rp12juta/tahun/anak. (bul)

Tiitle Ads