Jamin Kelancaran Komunikasi Jaringan 4G hingga 5G Hadir di Samota

0
BTS mobile milik operator seluler yang ditempatkan di Samota Sumbawa. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Untuk menjamin kelancaran komunikasi selama event Motocross Grand Prix (MXGP) Samota dengan estimasi penonton mencapai 50 ribu orang, sejumlah operator seluler menempatkan infrastrukturnya di kawasan tersebut. Jaringan 4G bahkan hyper 5G sudah dihadirkan di sana untuk memberi pelayanan yang baik kepada semua konsumennya.

Ada tiga operator seluler yang hadir di sana dalam bentuk Mobile BTS atau Combat yaitu XL Axiata, Telkomsel dan Indosat. XL Axiata mengaku ada 47 BTS 4G yang telah disiapkan untuk menjangkau sebagian besar area, termasuk sirkuit dan area wisata di sekelilingnya.  XL Axiata juga menyiagakan dua unit mobile BTS (MBTS) untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat event balap dunia tersebut berlangsung.

Direktur and Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan kawasan Samota sebelumnya juga sudah terjangkau jaringan 4G XL Axiata, namun potensi lonjakan trafik di area Sumbawa sangat mungkin terjadi saat event balap dunia Motocross berlangsung. Kemungkinan besar, masyarakat lokal serta masyarakat dari luar Sumbawa akan berdatangan ke Samota.

“Event besar ini diperkirakan juga akan menarik wisatawan asing untuk datang. Apalagi, Sumbawa juga memiliki sejumlah area wisata yang juga menarik, yang juga menjadi daya tarik pelancong. Semakin banyak orang datang ke area tersebut, kebutuhan atas jaringan data juga dipastikan akan meningkat. Oleh sebab itu, saat ini tim kami sudah bersiap di lapangan untuk memastikan jaringan yang andal dan berkualitas,” ujarnya melalui rilis yang diterima Suara NTB kemarin.

 Saat ini, di 61 kecamatan dan kota kabupaten/kota di Sumbawa kini telah terlayani oleh layanan 4G XL Axiata. Total ada lebih dari 390 BTS di seluruh Sumbawa, dengan 389 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat, mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Sumbawa.

 Sementara itu, Vice President Network Service Management Telkomsel Area Jawa Bali, Juanita Erawati mengatakan, dalam mendukung pelaksanaan event tersebut pihaknya memperkuat coverage dan kapasitas jaringannya dengan membangun total lima Combat atau Compact Mobile BTS. Sebanyak tiga Combat dipasang di area sirkuit, 1 combat dipasang di Samawa Seaside, dan 1 combat di rute akses menuju sirkuit,” ujarnya.

Dengan adanya penambahan kapasitas dan optimasi jaringan tersebut maka kapasitas akan meningkat menjadi sekitar 30.000 user. Selain itu Optimalisasi jaringan juga dilakukan pada lokasi-lokasi pendukung seperti hotel, bandara, dan pelabuhan.

Mendukung gelaran balap motor MXGP Samota, Telkomsel menghadirkan pengalaman konektivitas digital berteknologi jaringan broadband terdepan 5G. Selama perhelatan olahraga nasional tersebut berlangsung, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati pengalaman digital menggunakan jaringan 5G yang berada di kawasan sirkuit MXGP Samota.

“Kami turut menggelar jaringan Hyper 5G yang berada di kawasan sirkuit MXGP Samota untuk memberikan pengalaman aktivitas digital yang baru bagi para pengunjung. Kami berharap upaya Telkomsel menghadirkan konektivitas digital yang lebih merata serta produk dan layanan unggulan yang customer-centric dapat semakin mendorong kebangkitan pariwisata di NTB dan Sumbawa pada khususnya.” Pungkas Juanita.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) NTB Baiq Nelly Yuniarti mengatakan, di kawasan sirkuit Samota dan di luar kawasan sudah terpasang sebanyak delapan unit BTS mobile milik tiga operator seluler. Dengan adanya infrastruktur telekomunikasi ini, sinyal internet dipastikan akan lancar meskipun jumlah pengguna meningkat.

“Telkomsel pasang lima Combat, XL Axiata pasang dua unit, dan Indosat pasang satu unit baik di dalam arena maupun di luar arena,” kata Baiq Nelly Yuniarti.

Pemasangan Combat difokuskan di sejumlah area dengan potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi, seperti di area sirkuit, penginapan, lokasi wisata kuliner, medical center, tempat destinasi wisata dan tempat keramaian lainnya.(ris)

Tiitle Ads