Hidupkan kembali Pulau Moyo Lewat Festival Pesona Moyo 2022

0
Persembahan atraksi kesenian pada pembukaan Festival Moyo 2022. Festival ini diklaim dapat menghidupkan kembali geliat pariwisata di Pulau Moyo. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Menjadi salah satu Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022, Festival Pesona Moyo (Fesmo) telah sukses digelar, Rabu, 22 Juni 2022.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB H. Yusron Hadi, S.T., M.U.M., menjelaskan, festival ini digelar setelah sebelumnya tidak dapat terlaksana akibat pandemi Covid-19. Menurutnya, event yang sudah ada sejak 2012 ini akhirnya digelar kembali dengan mengambil lokasi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini festival ini dilaksanakan di Desa Labuhan Aji, Pulau Moyo.

Event yang dibuka Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) dari Kemenparekraf RI, Rizki Handayani, dirangkaikan dengan berbagai kegiatan, seperti terabas dan clean beach diharap dapat memantik semangat bagi daerah untuk dapat mengembalikan lagi giat event di NTB pascapandemi, sehingga dapat meningkatkan wisatawan. Apalagi Festival Pesona Moyo ini punya potensi yang luar biasa, sehingga perlu diidentifikasi agar ke depannya dapat mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi .

Pihaknya yakin apa yang dihajatkan di Pulau Moyo ini dapat menjadi semangat baru bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk menggaungkan lebih luas lagi Pulau Moyo, sehingga diharapkan melalui event ini akan ada event lanjutan yang dapat menarik wisatawan berkunjung ke Pulau Moyo mengingat potensi yang luar biasa dari pulau ini.

“Moyo ini memiliki potensi yang luar biasa, maka dari itu perlu evaluasi agar kita dapat meyakinkan wisatawan untuk datang sehingga gaungnya pun semakin luas,” tutupnya.

Kepala Dispar Sumbawa Irawan Subekti berterima kasih atas dipilihnya Festival Pesona Moyo sebagai salah satu Kharisma Event Nusantara 2022. “Adanya event ini sangat memotivasi semua pihak yang terlibat untuk terus bekerja keras membangun dan mengembangkan potensi yang dimiliki dari Pulau Sumbawa,”  harapnya.

Tidak sampai di situ, pada malam pembukaan Festival Moyo ini seluruh tamu undangan yang hadir disuguhkan dengan berbagai atraksi kesenian dari Sumbawa seperti musik sakeco, tari riam bagentar, gentao dan Rantok, sehingga menambah semarak rangkaian Festival Pesona Moyo 2022. (ham)

Tiitle Ads