Dibuka Mulai 6 Juli, Scoot Tigerair Layani Rute Lombok-Singapura

0
Arif Hariyanto (Suara NTB/dok)

Praya (Suara NTB) – Maskapai Scoot Tigerair memberikan konfirmasi bakal membuka rute penerbangan internasional Lombok-Singapura, mulai 6 Juli mendatang. Rencana tersebut mundur dari jadwal semula yang direncanakan mulai 17 Juni.

Hal itu diungkapkan Stakeholder Relations Manager PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA), Arif Hariyanto, saat dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 23 Juni 2022.

Selain penundaan jadwal penerbangan perdana, pihak maskapai juga mengurangi jumlah flight atau penerbangannya dari yang direncanakan sebelumnya empat flight seminggu, menjadi tiga flight seminggu. “Info dari pihak Scoot Tigerair, rute Singapura-Lombok-Singapura akan mulai dibuka 6 Juli 2022 mendatang. Dengan 3 kali penerbangan dalam seminggu,” jelasnya.

Kalau sebelumnya, Scoot Tigerair rencananya akan mulai terbang perdana pada Jumat, 17 Juni 2022 lalu dengan frekuensi penerbangan sebanyak 4 kali seminggu. Yakni pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Bahkan pihak maskapai sudah menetapkan jam keberangkatan dan kedatangan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), yakni penerbangan Rabu, Jumat, Minggu berangkat dari BIZAM pukul 11.20 Wita. Sedangkan penerbangan hari Senin, berangkat pukul 16.00 Wita.

Terhadap perubahan jadwal tersebut, Arif mengaku pihaknya tidak tahu, karena itu sepenuhnya menjadi kewenangan pihak maskapai. Pihaknya dalam hal ini hanya menerima apa yang menjadi keputusan pihak maskapai dan memberikan pelayanan sesuai permintaan. Pihak maskapai pun tidak memberikan penjelasan secara detail terkait hal tersebut.

“Intinya kita siap melayani. Soal kenapa bisa berubah jadwal penerbangan maupun jumlah flight, itu sepenuhnya ada di pihak maskapai,” tandas Arif seraya menambahkan, informasi awal karena pihak maskapai mengalami keterbatasan armada.

Berjalan Lancar

Sementara itu, terkait layanan penerbangan jemaah calon haji (JCH) Embarkasi Lombok, Arif mengatakan sampai sejauh ini berjalan lancar. Belum ada perubahan jadwal atau lainnya terkait penerbangan JCH di Embarkasi Lombok.

Sampai saat ini tercatat sudah tiga kelompok terbang yang diberangkatkan dengan total JCH yang sudah diberangkatkan sebanyak 1.173 orang. Di mana, total JCH untuk satu kloter sebanyak 389 orang ditambah masing-masing 4 pendamping.

“Untuk pemberangkatan JCH berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan. Belum ada perubahaan atau lainnya terkait proses pemberangkatan JCH pada musim haji tahun ini,” imbuhnya.

Tentunya, semua pihak berharap pemberangkatan JCH bisa berjalan lancar sampai proses pemulangannya nantinya yang direncanakan mulai tanggal 1 sampai 8 Agustus mendatang. “Ini semua bisa berjalan lancar, tidak lepas dari dukungan berbagai pihak,” tutup Arif. (kir)

Tiitle Ads