Bupati Setujui Rp600 Juta untuk Dermaga, Kapal Cepat Mulai Layani Rute Senggigi-Padangbai

0
Bupati Lobar H. Fauzan Khalid saat melepas langsung kapal cepat yang melayani rute Senggigi-Padangbai, Kamis, 23 Juni 2022.

Giri Menang (Suara NTB) – Kapal cepat yang melayani rute baru Senggigi-Padangbai mulai beroperasi, Kamis, 23 Juni 2022, Peluncuran atau pelepasan kapal cepat itu dihadiri langsung Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid. Untuk mendukung pelayanan yang nyaman bagi penumpang, sekaligus mendukung akan dibukanya rute Senggigi-Gili Gede-Nusa Penida, Bupati pun menyetujui anggaran Rp600 juta untuk  perbaikan Dermaga di Senggigi dan di Gili Gede.

Dikonfirmasi terkait kesiapan Pemkab Lobar dengan dibukanya rute baru tersebut, Fauzan Khalid menegaskan Kabupaten Lobar sudah siap lahir dan batin. Dari sisi sarana pendukung, diakuinya dari infrastruktur (dermaga) Pemkab Lobar sudah sangat siap, tinggal dipoles-poles sedikit.

“Kesiapan yang lainnya tentu dari sisi mental,” ucapnya didampingi Asisten I Setda Lobar Agus Gunawan dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lobar H.M .Najib serta jajaran terkait.

Mengenai dermaga Senggigi yang belum bisa dipergunakan untuk sandar kapal besar, Bupati Lobar menyatakan Kepala Dishub Lobar sudah mengajukan anggaran sebesar Rp 600 juta untuk perbaikan dermaga baik di Senggigi maupun Gili Gede Sekotong. “Untuk sementara Kadis Perhubungan sudah mengajukan di APBD-P untuk renovasi dan perbaikan dermaga agar tidak lagi sandar di pasir. Dan sudah saya iyakan,” imbuhnya.

 Ke depannya, Pemkab Lobar akan melakukan komunikasi intens dengan Pemkab Klungkung guna melakukan kerjasama. Untuk saat ini, kata dia, posisi masih antara investor dengan investor. “Belum Government to Government dengan Pemda Klungkung, karena ini bisnis, dan kami yakin para pengusaha sudah melihat peluang. Namun ke depannya komunikasi itu pasti dilakukan,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakan, adanya rute Senggigi-Padangbai itu, Bupati Fauzan mengaku mendapat kejutan dari pihak Kapal Cepat Eka Jaya. “Ini surprise, beberapa hari lalu kita coba kapal cepat dari Senggigi-Gili Gede-Nusa Penida, dan InsyaAllah sedang diurus izinnya. Tetapi saya mendapat kejutan, justru Eka Jaya diam-diam memberi kejutan bagi kita dengan membuka rute tanpa gembar-gembor rute Senggigi-Padangbai, mudahan ini berkelanjutan,” ucapnya bahagia.

Dengan mulai beroperasinya kapal cepat rute Senggigi-Padangbai, Bupati berharap penumpang merasa nyaman, sehingga Kawasan Senggigi dan Kabupaten Lobar secara umum menjadi ramai kembali. “Mudahan penumpang mendapat pengalaman yang luar biasa, dan untuk Eka Jaya, keberlanjutannya yang kita harapkan. Ini bagian kontribusi bagi pariwisata Indonesia,” katanya.

Sementara itu, dari sisi tingkat kunjungan wisatawan, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid mengakui khusus untuk kawasan wisata Senggigi tingkat kunjungan sudah mendekati normal berdasarkan informasi dari para General Manager Hotel yang ada.

Dikatakannya, rata-rata tingkat hunian hotel di Kawasan Senggigi berada di angka 50 persen sampai 60 persen. “Untuk kunjungan wisatawan, ini bulannya lagi naik sampai November. Dan itu terjadi di Lobar walaupun tidak full, tapi trennya naik. Puncaknya diyakini pada Juli sampai September mendatang, bahkan biasanya kita sampai kesulitan mencari kamar,” jelasnya.

Tak hanya itu, pada hari-hari biasa pun kawasan Senggigi tidak pernah sepi, karena selalu saja ada kegiatan. “Hari-hari tertentu juga selalu ada kunjungan dan kegiatan. Wisata MICE juga jalan setiap harinya baik dari pihak swasta dan Pemerintah Pusat maupun lembaga lain yang Sebagian besar itu dari luar, bukan dari Lombok. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sudah konfirm sekitar bulan November akan mengadakan kegiatan di sini,” paparnya panjang lebar.

Pun untuk terus menggenjot tingkat kunjungan wisatawan, diakui bupati dua periode itu, pihaknya melalui Dinas Pariwisata Lobar telah menyiapkan dua event besar yang memang rutin digelar. Event yang dimaksud adalah Senggigi Sunset Jazz dan Senggigi Marathon. “Untuk mendukung kegiatan itu, kita juga bekerjasama dengan pihak hotel untuk menggelar event secara bergilir,” pungkasnya kemudian. (her)

Tiitle Ads