Tak Lulus UTBK-SBMPTN, Calon Mahasiswa Bisa Ikuti Jalur Mandiri Unram

0
Ilustrasi

Mataram (Suara NTB) – Pengumuman hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dijadawalkan pada Kamis, 23 Juni 2022. Bagi calon mahasiswa yang tidak lulus, bisa mencoba lagi di penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri Universitas Mataram (Unram). Pendaftarannya dibuka pada 16 Juni sampai dengan 27 Juni 2022.

Koordinator Akademik Unram, Dwi Siswanto mengatakan, pendaftar jalur mandiri untuk program studi jenjang S1, Diploma III dan Vokasi adalah lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2020, 2021 atau 2022. Untuk Paket C usia paling tinggi 25 tahun per 1 Juli 2022.

Khusus pendaftar yang memilih program studi S1 Pendidikan Dokter harus berasal dari lulusan SMA/MA jurusan IPA. Juga memenuhi persyaratan jurusan di SMA/MA/SMK pada program studi tertentu. Sehat jasmani dan rohani, sehingga tidak mengganggu proses belajar di perguruan tinggi.  “Pendaftaran seleksi mandiri di laman http://mandiri.pmb.unram.ac.id.,” ujarnya.

Pendaftaran secara daring dibuka pada 16 sampai 27 Juni 2022. Sementara untuk UTBK – Mandiri digelar pada 7 Juli sampai dengan 16 Juli 2022. “Tentatif dan akan disesuaikan dengan jumlah pendaftar. Pengumuman kelulusan 23 Juli 2022,” ujar Dwi.

Kelompok ujian yang ditawarkan yaitu Kelompok ujian Saintek, yang diperuntukkan bagi pendaftar yang memilih program studi kategori Saintek. Dan kelompok ujian Soshum diperuntukkan bagi pendaftar yang memilih program studi kategori Soshum. “Pendaftar dapat memilih maksimal dua program studi,” ujar Dwi.

Jenis soal ujian UTBK-Mandiri yaitu tes bidang studi dasar meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar. Tes bidang studi saintek meliputi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Dan, tes bidang studi soshum meliputi Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Di penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri ini, Unram menawarkan 38 Program Studi S1, empat program Diploma III, dan program vokasi Diploma tiga yang ada di Lombok Utara dan Bima. (ron)