Jemaah Calon Haji Kota Mataram Telah Tiba di Arab Saudi

0
Walikota Mataram H. Mohan Roliskana didampingi istri dan Wakil Walikota Mataram TGH. Mujiburrahman memberikan ucapan selamat kepada para JCH yang berangkat pada Minggu, 19 Juni 2022. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Jemaah calon haji (JCH) Kota Mataram telah tiba di Tanah Suci Mekkah pada pukul 14.50 waktu Arab Saudi. Seluruh jemaah telah menyelesaikan umroh wajib. Meskipun cuaca panas, tetapi kondisi jemaah masih tetap sehat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H. Muhammad Amin menyampaikan, sejumlah 394 jemaah calon haji yang diberangkatkan pada Senin, 20 Juni 2022 tiba di Bandara King Abdul Azis, Jeddah pada pukul 14.50 waktu Arab Saudi. Para jemaah langsung melanjutkan menyelesaikan ibadah umroh wajib sebelum pelaksanaan ibadah haji. “Sekarang ini mereka sedang melakukan aktivitas di Masjidil Haram,” kata Amin dikonfirmasi,Rabu, 22 Juni 2022.

Seluruh JCH dalam kondisi sehat wal afiat, termasuk lima orang jemaah yang menggunakan kursi roda. Amin mengatakan, para jemaah belum ada yang mengeluhkan kondisi kesehatan. Kemungkinan mereka sudah mulai beradaptasi dengan kondisi cuaca.

Namun demikian, para jemaah ingatkan untuk tidak memporsir tenaga serta menjaga kesehatan, sehingga saat pelaksanaan haji tidak terganggu. “Alhamdulillah, saya sudah mengontak ketua rombongan dan petugas kesehatan. Seluruh jemaah kita dalam kondisi sehat,” katanya.

Khusus lima JCH yang menggunakan kondisi roda dikabarkan tetap menunaikan ibadah. Mereka didampingi oleh keluarga dan jemaah lainnya. Kalaupun ada jemaah tidak didampingi oleh keluarga tetap mendapatkan perhatian dari petugas. “Mungkin saat Sai dan Tawaf kalau tidak ada keluarganya yang turut berangkat. Maka boleh menggunakan jasa petugas di Mekkah dengan mengeluarkan biaya,” ujarnya.

Sementara itu, lima orang jemaah calon haji yang berangkat di kloter gabungan bersama JCH asal Kabupaten Lombok Timur, Lombok Barat, dan Lombok Tengah akan diberangkatkan pada Sabtu, 25 Juni 2022. Sebelum masuk ke Asrama Haji Loang Baloq harus menjalani pemeriksaan kesehatan Covid-19 dengan metode RT-PCR (polymerase clain reaction). Pemeriksaan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram. “Pelepasannya hari Jumat selesai shalat magrib. Mereka harus sudah masuk Asrama Haji Loang Baloq pukul 19.00 Wita,” jelasnya.

Ia mengharapkan, seluruh jemaah calon haji Kota Mataram bisa menunaikan ibadah haji dengan lancar. (cem)

Tiitle Ads