Tangani Parkir, Dewan Sarankan Dishub Bentuk ’’Tim Puma’’

0
Komisi III DPRD Kota Mataram melakukan rapat dengan mitra kerja komisi yang membidangi masalah pembangunan, perhubungan dan komunikasi tersebut.(Suara NTB/fit)

Mataram (suara NTB) – Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Mataram, IGN Agung Sugantha, ST., menyarankan Dishub (Dinas Perhubungan) Kota Mataram untuk membentuk ‘’Tim Puma’’ atau tim khusus untuk mengangani persoalan parkir di Kota Mataram.

Saran ini diungkapkan Agung dalam rapat kerja Komisi III DPRD Kota Mataram dengan Dishub Kota Mataram, Selasa, 21 Juni 2022. ‘’Jadi menurut saya, problem kita hanya masalah penegakan hukum saja. Saya melihat beberapa kali ada penertiban titik parkir. Itu bagus sekali. Bila perlu setiap hari itu dilakukan,’’ ungkapnya.

Tindakan itu diyakini Agung akan memperbaiki system dari bawah. Menurut dia, solusi penanganan parkir di Mataram hanya soal penegakan hukum. Kalau memang Dishub Kota Mataram membutuhkan anggaran, dia mempersilahkan Dishub untuk mengajukan kebutuhan anggaran tersebut.

‘’Dibuatlah dulu Tim Pumanya. Saya kira parkir itu, itu problemnya. Yang lain saya rasa akan mengikutilah,’’ imbuhnya. Sebetulnya, lanjut Agung, potensi parkir di Kota Mataram sangat besar, tetapi belum didukung dengan upaya penegakan hukum.

Menanggapi hal itu, Kepala Dishub Kota Mataram, M. Saleh mengatakan, terhadap jukir nakal, akan terus dilakukan pembinaan. Dia berharap UPTD Parkir bisa bekerja lebih keras lagi untuk mencapai pengelolaan parkir yang ideal di Mataram. ‘’Kita bentuk tiga tim di sini. Kalau tim pertama dan kedua bekerja dengan baik, mengubah perilaku jukir, tidak perlu lagi sampai Tipiring (Tindak Pidana Ringan),’’ terangnya.

Dikatakan Saleh, untuk Tipiring menjadi pilihan terakhir kalau semua upaya tidak mampu mengatasi persoalan jukir nakal. (fit)