Kuota Hanya15 Persen, Pendaftar PPDB Jalur Prestasi Membeludak di SMA Tertentu

0
Suasana verifikasi data pendaftaran PPDB Jalur Prestasi di Aula SMAN 1 Mataram, Selasa, 21 Juni 2022. (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) –  Pendaftaran dan verifikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi jenjang SMA digelar pada Senin, 20 Juni 2022 sampai dengan Rabu, 22 Juni 2022. Masyarakat sangat antusias mendaftar di SMA tertentu yang selama ini dianggap berprestasi. Padahal kuota siswa baru jalur prestasi hanya 15 persen dari daya tampung sekolah.

Kondisi itu terlihat di SMAN 1 Mataram, pada hari kedua PPDB jalur prestasi, Selasa, 21 Juni 2022, terlihat puluhan orang menunggu panggilan dari pengeras suara di ruang Aula SMAN 1 Mataram yang dijadikan lokasi pendaftaran PPDB.

Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Mataram, Burhanudin ditemui di sela-sela pendaftaran PPDB jalur prestasi, mengatakan jumlah pendaftar jalur prestasi sampai hari kedua mencapai 400-an orang. Total daya tampung di SMAN 1 Mataram sebanyak 288 orang.

“Sejauh ini, untuk jalur prestasi akademi dari rapor itu yang sudah mendaftar sekitar 300-an orang, yang dicari 17 orang. Jalur prestasi nonakademik, tadi di jalur keagamaan yang sudah daftar sekitar 40-an orang, dicari sekitar 11 orang.  Untuk untuk jalur sertifikat, ada 60-an orang, dicari 14 orang,” ungkap Burhanudin.

Berdasarkan petunjuk teknis (Juknis) PPDB yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, kuota jalur prestasi paling banyak 15 persen meliputi 6% Prestasi nilai Raport Semester 1, 2, 3, 4, dan 5 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. 5% prestasi piagam/sertifikat dan 4% Prestasi Keagamaan dengan ketentuan bahwa penetapan kelulusan sesuai dengan proporsi calon peserta didik yang mendaftar dan memenuhi persyaratan.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMAN 1 Mataram ini menjelaskan, calon siswa mendaftar terlebih dahulu secara daring di web PPDB Dinas DIkbud NTB. setelah itu mereka datang ke SMAN 1 Mataram untuk mengisi format verifikasi dan dicocokkan di operator. Pihaknya menyiapkan lima operator di Aula SMAN 1 Mataram.

“Nanti dibantu oleh tim verifikasi, yang melihat berkas keaslian. Setelah verifikasi, pendaftar sudah sudah tahu posisinya. Ranking seleksinya bisa dilihat oleh pendaftar di web pendaftaran PPDB daring,”jelas Burhanudin.

Ia mengakui, setiap tahunnya pendaftar PPDB jalur prestasi di SMAN 1 Mataram sangat banyak dan jauh melebihi daya tampung. “Harapan kami dari hasil yang kita dapatkan dan pelaksanaan semoga berjalan dengan baik, lancar dan tidak ada kendala apapun, selama ini belum ada kendala,” pungkas Burhanudin. (ron)