Jembatan Penghubung Bima-Dompu di Soromandi Sudah Bisa Dilewati Kendaraan

0
Jembatan Sori Sowa berada di Dusun Sowa Desa Kananta Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima yang sekarang sudah bisa dilewati atau dilalui kendaraan.(Suara NTB/Ist)

Bima (Suara NTB) – Jembatan penghubung bagian utara wilayah Kabupaten Bima dan Dompu yang berada di Dusun Sowa Desa Kananta Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima sekarang sudah bisa dilewati atau dilalui kendaraan roda dua (motor) hingga roda empat (mobil).

Pasalnya pembangunan jembatan bernama Sori Sowa yang berada di ruas jalan lintas Bajo-Sampungu Kecamatan Soromandi tersebut telah rampung. Saat ini, jembatan dengan panjang 25 meter dan lebar 10,5 meter itu tahap finishing.

“Saat ini jembatan Sori Sowa sudah bisa dilewati kendaraan,” kata Plt. Kepala Desa Kananta Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima, Ilham S.Pd kepada Suara NTB, Selasa, 21 Juni 2022.

Ia mengaku jembatan wewenang Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB itu rusak diterjang banjir bandang tahun 2018 dan diperbaiki atau dibangun tahun 2020. Saat ini proses pembangunannya memasuki tahap perampungan. “Jembatan ini rusak 2018, mulai diperbaiki 2020 dan sekarang tinggal penyelesaian,” ujarnya.

Selain bisa dilewati kendaraan, akses ekonomi warga menjadi lancar dan tidak lagi terhambat seperti beberapa tahun sebelumnya. Apalagi jembatan yang dibangun itu sudah sesuai dengan keinginan dan harapan warga. “Jembatan yang dibangun ini sudah sesuai dengan harapan warga,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Camat Soromandi, Camat Soromandi, Julkifli SH M.Hum. Ia mengaku meski pembangunan jembatan masih dalam tahap perampungan (finishing) oleh pelaksana yakni. PT Dunia Mas, namun sekarang sudah bisa dilewati kendaraan. “Kalau dilihat fisiknya belum rampung sepenuhnya tapi bisa dilalui kendaraan. Saat ini pelaksana proyek juga tengah menuntaskan,” ujarnya.

Dalam catatan Suara NTB,  jembatan Sori Sowa yang berada di Desa Kananta Kecamatan Soromandi rusak akibat diterjang banjir bandang pada Tahun 2018 lalu. Jembatan itu merupakan akses lingkar jalan utara wilayah Kabupaten Bima dan Dompu.

Pemprov NTB melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mulai memperbaiki jembatan itu tahun 2020. Perbaikan jembatan itu merupakan salahsatu pembangunan jalan dan jembatan Provonsi NTB tahun jamak 2020-2022.

Hal itu juga tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi NTB nomor 12 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan Provinsi dengan pola pembiayaan tahun jamak yang masuk dalam program percepatan pembangunan Pemerintah Provinsi NTB. (uki)