21 Ribu Pot Bunga dan Tanaman Kacang Lengkapi Beautifikasi Samota

0
Kawasan Samota yang ditanami kacang hijau agar kawasan tidak gersang selama pelaksanaan event MXGP (Suara NTB/ist)

PROGRAM beautifikasi kawasan Samota untuk menghadapai event MXGP of Indonesia tanggal 24 – 26 Juni ini sudah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu. Kini kawasan Samota terlihat lebih hijau. Ada sekitar 21 ribu pot yang berisi bunga sudah berjejer di jalan sepanjang tujuh kilometer menuju Sirkuit MXGP.

Komandan Lapangan MXGP Samota Ir. H Ridwan Syah M.TP mengatakan, selain bunga di dalam pot, pemda bersama masyarakat juga menanam pohon pelindung yang saat ini sudah mulai tumbuh dengan baik. Tak ketinggalan, kawasan di luar sirkuit juga sudah dilakukan penghijauan dengan menanam kacang hijau di areal seluas 15 hektare.

“15 hektare kita tanam kacang hijau agar kawasan Samota tetap hijau dan tidak gersang. Karena media di event MXGP ini tidak hanya menyiarkan langsung balapnya, juga disiarkan lansekap Samota sehingga akan menjadi daya tarik tersendiri,” kata Ridwan Syah kepada Suara NTB kemarin.

Ia mengatakan, event MXGP Samota ini akan disiarkan langsung oleh Euro Sport dan juga ditayangkan di puluhan stasiun TV yang lain. Event ini akan diliput oleh 300 kru media yang terdiri dari 50 kru media internasional, 100 media nasional dan lebih dari 100 media lokal. Sehingga kawasan Samota harus tetap cantik untuk memberi kesan yang baik kepada para penonton yang hadir secara langsung maupun yang menyaksikan di layar TV.

Di kawasan Samota tempat sirkuit dibangun, panorama yang disajikan sangat menawan. Penonton bisa melihat dengan jelas Gunung Rambora, teluk Saleh, pulau Moyo dari kejauhan dan bahkan Rinjani masih bisa terlihat dengan baik. Penonton yang berada di kelas Festival maupun di VVIP akan bisa melihat seluruh kawasan sirkuit.

Selama pembangunan sirkuit dan fasilitas yang lainnya, banyak masyarakat yang datang secara langsung untuk melihat sirkuit MXGP ini. Untuk kepentingan edukasi dan sosialisasi, siswa dari sejumlah sekolah diundang untuk melihat secara langsung kawasan samota yang sedang bersolek itu. Namun kini, kawasan sirkuit sudah ditutup untuk umum jelang pelaksanaan balap tanggal 25 – 26 Juni 2022.

Ada banyak event tambahan untuk memeriahkan MXGP Samota tersebut. Selain menampilkan seni, budaya dan konser musik, nanti tanggal 26 Junipada saat final, para penerbang aerobatik dari TNI AU akan terbang di langit Samota sebagai sebuah hiburan yang spektakuler.

“Kepala Staf TNI AU akan mengirim penerbang-penerbang aerobatik selama 30 menit saat final. Mereka akan menghiasi angkasa Sumbawa. Itu akan menjadi hiburan yang luar biasa untuk masyarakat Sumbawa,” katanya. (ris)

Tiitle Ads