Sukses Gelar Kejurnas ’’Drag Bike’’, Sirkuit Mandalika Siap untuk Semua Event

0
Para pembalap drag bike tengah bersiap-siap mengikuti sesi balapan yang digelar di Sirkuit Mandalika. Pada event tersebut sebanyak 675 pembalap turut ambil bagian. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menegaskan Pertamina Mandalika International Circuit telah siap untuk menggelar semua event balap sepeda motor dari skala lokal hingga internasional. Seiring dengan suksesnya gelaran event Kejuaran Nasional (Kejurnas) Drag Bike yang digelar pada 18-19 Juni. Event itu diikuti sebanyak 675 starter yang berasal dari Bali, NTB, NTT serta luar Nusa Tenggara.

Sebanyak 2.200 penonton turut menyaksikan event yang melombakan sejumlah kelas tersebut mulai kelas Bebek Tune Up 4L, Sport Tune Up 2L, Matic Tune Up, Sport 2L Tune Up dan Sport 2L Tune Up. Kemudian ada juga kelas Bebek 2T Std, Bebek Standar Porting 4T, Bebek 4T Tune Up, Sport dan Bebek 2T, Bracket 8-10, dan FFA. “Secara umum event berjalan lancar,” ungkap Direktur Utama MGPA Priandhi Satria, dalam keterangan yang diterima Suara NTB, Senin, 20 Juni 2022.

Lancarnya gelaran event Kejurnas Drag Bike tersebut, tambah Managing Director The Mandalika, Bram Subiandoro menunjukkan kawasan Mandalika, khususnya sirkuit Mandalika telah siap menggelar event balapan otomotif dari semua tingkatan. Termasuk dari aspek masyarakat juga sudah sangat siap untuk mendukung penyelenggaraan event otomotif di daerah. Terlihat dari tingginya antusiasme masyarakat untuk datang dan menyaksikan event drag bike tersebut.

Tidak kalah penting, sukses event drag bike juga membuktikan bahwa sirkuit memiliki fasilitas pendukung balapan yang lengkap. Permukaan lintasan sirkuit yang sangat baik disertai dengan adanya area run off yang panjang, sehingga dapat dipergunakan untuk berbagai jenis event motorsport.

Selain itu, sirkuit Mandalika ini juga dilengkapi dengan 50 garasi pada area paddock, grandstand untuk tempat duduk penonton yang memadai dan nyaman. Ditambah akses jalan terowongan (tunnel) bagi penonton, hingga akses pada area inner sirkuit yang saat terus dibenahi.

Pada tahun ini tambah Bram, sejumlah event dunia siap digelar di sirkuit Mandalika. Mulai dari Shell Eco Marathon pada bulan Oktober 2022 dan World Superbike (WSBK) sebulan kemudian. Di mana sebelumnya, sirkuit Mandalika juga telah sukses menyelenggarakan event WSBK tahun 2021 serta  MotoGP Official Test bulan Februari 2022 dan main event MotoGP Maret kemarin.

ITDC selaku pengelola kawasan The Mandalika dan sirkuit Mandalika, lanjut Bram ingin membawa event-event olahraga bertaraf nasional dan internasional di kawasan ini. Hal itu sesuai dengan positioning kawasan The Mandalika sebagai Sport Tourism Destination. Yang tidak hanya fokus hanya pada aktivitas pariwisata saja. Tetapi juga berolahraga sambil berwisata menikmati keindahan The Mandalika.  “Dengan gelaran event-event olahraga itu nantinya diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi citra Indonesia, terutama bagi pariwisata Pulau Lombok dan NTB,” tutupnya. (kir)