Jemaah Calon Haji Lobar Dilepas

0
Para jemaah calon haji Lombok Barat saat pamit kepada kerabatnya, Senin, 20 Juni 2022.(Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Pelepasan jemaah calon haji (JCH) kabupaten Lombok Barat (Lobar) tahun 2022 berlangsung di Bencingah Agung Kantor Bupati Lobar, Senin, 20 Juni 2022.  Sebanyak 192 JCH Lobar dilepas oleh Bupati H. Fauzan Khalid, disaksikan oleh keluarga dan kerabat para JCH yang akan melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Suasana suka cita bercampur tangis dari keluarga pun mengiringi pelepasan JCH.

Kegiatan pelepasan itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah Lobar, DR. H. Baehaqi, Kepala Kantor Kemenag Lobar, H. Jalalussayuthy, Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah, Ketua TP-PKK Hj. Khaeratun Fauzan Khalid, Ketua Baznas Lobar H. M. Taisir, Ketua MUI Lobar, Ketua IPHI Lobar H. Muhammad Ahyar, dan Kabag Kesra, H. Maksum serta seluruh calon jemaah haji.

Dalam kesempatan itu Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid menyampaikan bahwa JCH memiliki dua predikat yaitu sebagai tamu Allah SWT dan tamu negara Arab Saudi. Sebagai tamu Allah SWT para JCH harus selalu menjaga hati dengan tujuan beribadah kepada Allah SWT.

“Selain itu juga harus bisa memilah mana yang wajib dan sunnah. Usahakan untuk melaksanakan hal-hal yang sunnah setelah melaksanakan ibadah haji yang wajib agar fisik tidak kelelahan sebelum dimulainya ibadah wajib,”  jelasnya. Fauzan juga menyampaikan bahwa sebagai tamu negara Arab Saudi, para calon jemaah haji harus menaati semua aturan yang ada di negara tersebut serta wajib menjaga nama baik negara Indonesia, terutama nama Kabupaten Lombok Barat.

“Saya meminta kepada calon jemaah haji untuk mengikuti semua yang disampaikan oleh pembimbing dan usahakan untuk tidak berpergian sendirian,” tegasnya.

Bupati dua periode ini juga mengucapkan selamat jalan dan ia mendoakan agar para calon jemaah haji dapat kembali dengan kondisi yang sehat dan mendapatkan haji yang mabrur. Selain itu ia juga berharap agar para jemaah dapat beribadah dengan lancar dan khusyuk di tanah suci Mekah.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Lobar, H.Jalalussayuthy menambahkan bahwa total calon jemaah haji Lombok Barat tahun 2022 ialah 243 jemaah yang dimana terbagi menjadi dua kloter, yaitu 192 jemaah pada kloter dua yang akan berangkat pada hari Selasa, 21 Juni 2022 dan 51 jemaah pada kloter yang akan berangkat pada hari Jumat, 24 Juni 2022. Sebelum berangkat menuju tanah suci Mekkah, para jemaah bermalam di Asrama Haji, Mataram. (her)