FK Unram Dorong Dosen dan Mahasiswa Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi

0
Hamsu Kadriyan (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) –  Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK Unram) terus mendorong publikasi ilmiah di jurnal internasional bereputasi. FK Unram menjadi penyumbang publikasi internasional bereputasi ketiga di Unram. Hal ini berbeda dengan kondisi dua atau tiga tahun lalu, FK Unram biasanya berada di papan bawah, tetapi saat ini sudah mampu merangsek ke papan atas di Unram.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unram, Ir. Muhammad Ali, PhD., mengatakan bahwa FK Unram saat ini telah bermetamorfosis menjadi penyumbang publikasi internasional bereputasi ke-3 di Universitas Mataram.

Dekan FK Unram, Dr. dr. Hamsu Kadriyan, SpTHT-KL, mengatakan, dengan tiga program studi dan 120 dosen yang ada di FK Unram, walaupun masih terbilang muda tetapi sudah menunjukkan kinerja publikasi yang sangat baik. Lebih dari 50 dosen dan 7 mahasiswa tercatat memiliki artikel yang dimuat di berbagai jurnal internasional bereputasi.

“Jumlah publikasi yang tercatat pada tahun 2022 sampai bulan Mei didapatkan sekitar 17 artikel yang sudah terbit. Tentunya hasil ini belum maksimal, tetapi masih bisa ditingkatkan lagi di masa yang akan datang mengingat jumlah dosen yang cukup dan relatif masih berusia muda dan produktif,” ujarnya.

Kontributor (penulis) terbanyak pada tahun ini di antaranya adalah dr. Astri Ferdiana, PhD., dr. Moulid Hidayat, PhD., Dr. dr. Rohadi, SpBS., dan Dr. dr. Hamsu Kadriyan, SpTHT-KL.

Hamsu mengucapkan terima kasih untuk kontribusi seluruh dosen pada publikasi tersebut. “Dengan publikasi yang terus meningkat, FK Unram semakin dapat menggapai visinya yaitu menjadi institusi yang berdaya saing internasional,” harap Hamsu. (ron)